Senin, 19 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 02 Agu 2019, 21:00:09 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kisah Tim Paduan Suara Delta Cielo Berkompetisi di Grand Prix Thailand - Gudang Berita Viral

AJANG 12th Grand Prix Thailand 2019 menjadi kompetisi internasional pertama yang diikuti tim Paduan Suara Delta Cielo. Mereka berhasil membawa pulang dua medali emas dan menjadi finalist absolute winner.

RETNO DYAH AGUSTINA, Surabaya



Menghadapi kompetisi internasional memang tak bisa asal. Apalagi, ini baru pertama bagi tim Paduan Suara Delta Cielo. Rasa waswas dan deg-degan hanya sebagian kecil yang harus dihadapi. Beragam persiapan dilakukan mulai November 2018. Audisi, latihan, hingga penggalangan dana dilakukan demi meraih mimpi berlaga di ajang internasional ”Delta Cielo ini berdiri sejak 2016, tapi belum pernah ikut kompetisi internasional di luar negeri ya, jadi harus tahun ini,” ujar M. Faiz Muhdi, pelatih Delta Cielo.

Pada ajang yang dihelat pada 20 Juli lalu tersebut, Delta Cielo mengikuti dua kategori. Pada kategori mixed youth choir, Delta Cielo berhasil menduduki peringkat kedua dengan mendapat medali emas. Sementara itu, pada kategori folklor, Delta Cielo berhasil menduduki peringkat pertama dengan meraih medali emas. Keduanya mengantarkan Delta Cielo menjadi finalist absolute winner atau peringkat 5 besar dari seluruh kategori yang ada. Medali emas itu didapat berdasar nilai, bukan peringkat.

Sejak awal, Faiz memilih lagu-lagu yang cukup sulit untuk dibawakan dalam dua kategori. Misalnya, lagu Tari Kembang Soka yang dibawakan dalam kategori folklor. ”Lagu itu butuh perubahan mood dan pengulangan kunci. Jadi, bagaimana biar nggak membuat juri bosan,” ucap Gleadys Aprilifia, wakil ketua Delta Cielo.

Menurut Faiz, pemilihan lagu yang susah menjadi trik andalan saat berlaga di kompetisi internasional. Lagu yang membutuhkan kemampuan lebih tinggi jadi nilai plus bagi mereka. Sebab, dengan pemilihan lagu yang sulit, juri bisa melihat seberapa range kemampuan peserta. ”Bawakan juga lagu yang jarang dimainkan ya,” ujar pria yang berkecimpung di dunia paduan suara sejak 2007 tersebut. Dengan begitu, juri lebih tertarik dengan pemilihan lagu yang berbeda. Hal itu termasuk cara menghadapi kompetitor yang tak terduga.

Faiz mengatakan, folklor termasuk kategori yang menyuguhkan lawan yang tak terduga. Sebab, hampir semua lawannya berasal dari Indonesia. Menurut alumnus Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya itu, Indonesia memang punya nilai plus di laga internasional kategori folklor. ”Tapi, kalau lawan sesama Indonesia, jadi berat karena semua mirip-mirip,” tuturnya.

Membawakan lagu dengan teknik yang beragam memang menantang. Hingga menjelang penampilan, Delta Cielo terus konsisten berlatih. Saat sampai di Thailand pada 18 Juli lalu, mereka berusaha mencari lokasi latihan yang pas. Karena tak ada ruangan yang bisa dipinjam, mereka memilih berlatih di pinggir pantai depan hotel. ”Ya karena outdoor, jadi ambyar sih suaranya,” ucap M. Shodiqil Khafili Djakfar, ketua Delta Cielo, kemudian tertawa. Banyak anjing berseliweran hingga mengganggu anggota yang berlatih. ”Akhirnya kami melipir,” sahut Gleadys.

Beruntung, mereka menemukan gedung pub yang belum dibuka. Mereka merayu penjaga pub agar mau meminjamkan ruangan untuk mereka berlatih hari itu. 




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Pamor Kuat Rizal Ramli di Mata Pemimpin  - Gudang Berita Viral Pamor Kuat Rizal Ramli di Mata Pemimpin
Senin, 19 Agu 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Sanchez Semakin Dekat Merapat ke Inter Milan  - Gudang Berita Viral Sanchez Semakin Dekat Merapat ke Inter Milan
Senin, 19 Agu 2019, 03:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Shaqiri Mulai Gerah di Liverpool  - Gudang Berita Viral Shaqiri Mulai Gerah di Liverpool
Senin, 19 Agu 2019, 03:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print