Senin, 23 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 03 Sep 2019, 21:00:08 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kisah Syahroni Jadi Pemburu Maling karena Pernah Kehilangan Motor - Gudang Berita Viral

SYAHRONI mangkel tenan saat motornya digondol maling. Dia pun balas dendam. Balas dendamnya sukses, bahkan berbuah penghargaan dari Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

EKO SULISTYONO, Surabaya



Syahroni pernah kehilangan motor Yamaha Jupiter pada 2013. ”Padahal, motor itu baru lunas. Kan saya kredit,” kenang Syahroni soal kehilangan itu. Kejadian tersebut bikin Syahroni mangkel tenan sama maling. Dia pun membuat laporan kehilangan ke Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

Dari sana, Syahroni diberi kontak seorang penyidik. Disebutkan, jika ada petunjuk atau pelaku tertangkap, dia bakal dikabari. Dari laporan itu juga, Syahroni mengenal sejumlah polisi. Dari bincang-bincang santai dengan mereka, Syahroni punya ide untuk menangkap maling-maling yang kerap beraksi di kampungnya. Dia merancang ide balas dendam.

Salah satu caranya memancing pelaku curanmor. Harapannya, yang terjebak adalah maling yang juga mengambil motornya Cara yang digunakan Syahroni adalah dengan menaruh motor milik tetangga di halaman rumah. Motor umpan itu hanya diisi sedikit bahan bakar. Tujuannya, agar saat dibawa pelaku, motor tersebut tidak bisa berjalan jauh.

Hampir semalaman Syahroni nyanggong pelaku waktu itu. Hasilnya, sekitar pukul 03.00 dini hari, ”umpan” Syahroni bergerak. Ada yang mengambil motor pancingannya. Syahroni lalu membuntutinya. ”Pelaku curanmor memang biasa beraksi di jam-jam seperti itu. Menjelang pagi,” bebernya.

Perkiraan Syahroni tepat. Motor pancingan yang dibawa kabur pelaku tadi tidak bisa berjalan jauh. Mogok. Hanya berjarak beberapa meter, motor tersebut mati. Syahroni yang bersiap sejak tadi langsung menyergap pelaku. Dia menghubungi polisi kenalannya di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak. Satu pelaku diamankan.

Setelah diselidiki, pelaku yang ditangkap adalah orang yang sama dengan yang mengambil motor Syahroni. Hal itu memudahkan polisi melakukan penyelidikan dan pengembangan. Motor Syahroni akhirnya ketemu.

Hanya dalam putusan pengadilan, Syahroni merasa gelo. Tuntutan hukuman pelaku curanmor dianggap tidak sebanding. ”Pelaku dihukum kurang dari setahun,” katanya. Selain itu, dia harus nebus motor Jupiter miliknya waktu itu di pengadilan setelah dijadikan sebagai bukti. ”Padahal, saya ini kan korban. Sejak saat itu, saya beuncii sekali dengan yang namanya maling,” sambung Syahroni.

Kebencian pria 52 tahun tersebut diwujudkan dengan memburu maling-maling yang masuk ke kampungnya. Dia rutin nyanggong pelaku curanmor di kawasan Teluk Nibung Barat, Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian. Pos kamling yang semula sepi dihidupkan. Syahroni jarang tidur di rumah. Setiap malam dia lebih memilih tidur di pos kamling. Melihat semangat Syahroni, warga lain ikut aktif. Kesadaran keamanan di kampung langsung tumbuh.

Agar betah berjaga, Syahroni melengkapi pos kamling itu dengan berbagai fasilitas. Pos kamling diperbaiki, dicat, dan dikeramik. Syahroni juga menaruh televisi miliknya di sana. Bisa dinyalakan oleh siapa saja, 24 jam.

Kini hasilnya mulai terlihat. Menurut Syahroni, kasus pencurian di RW 7, RT 8, Teluk Nibung, tersebut mulai berkurang jika dibandingkan dengan sebelum 2013. Hingga 2019 ini, setidaknya Syahroni sudah menangkap lima pelaku curanmor.

Karena usahanya, Syahroni mendapat penghargaan dari Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto beberapa waktu lalu. Penghargaan tersebut berupa medali dan sejumlah uang atas semangat Syahroni menangkap pelaku kejahatan. Juga atas dedikasinya menghidupkan pos kamling. Tak hanya itu, kini kampung Syahroni juga bakal dipasangi enam CCTV baru. CCTV tersebut pemberian dari Polsek Pabean Cantian. Layar pantaunya bakal dipusatkan di pos kamling tadi. 




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Pekan Lalu, Asing Beli Bersih Rp53 Triliun  - Gudang Berita Viral Pekan Lalu, Asing Beli Bersih Rp53 Triliun
Senin, 23 Sep 2019, 02:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pekan ke-6: Liverpool dan Arsenal Raih Tiga Poin  - Gudang Berita Viral Pekan ke-6: Liverpool dan Arsenal Raih Tiga Poin
Senin, 23 Sep 2019, 02:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Ray Rangkuti Curiga Soal SP3 Dalam Revisi UU KPK  - Gudang Berita Viral Ray Rangkuti Curiga Soal SP3 Dalam Revisi UU KPK
Senin, 23 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print