Kamis, 17 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 04 Okt 2019, 16:00:07 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kisah Bule Perancis Dolfin Felix yang 2 Kali Coba Bobol Lapas - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Penyelundup narkoba Dorfin Felix berulah lagi. Ia kembali berupaya melarikan diri. Kali ini, dia membobol tembok sel Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Mataram. Sebelumnya, bule asal Perancis itu pernah kabur di Rumah Tahanan (Rutan) Polda NTB. Dia membobol terali besi dan kabur menuju Hutan Pusuk. Beruntung, Dorfin ditemukan dan terhenti pelariannya.

Kalapas Kelas IIA Mataram Tri Saptono Sambudji mengatakan, aksi Dorfin diketahui petugas Lapas Minggu (29/9) lalu. Sekitar pukul 18.30 Wita. “Biasa kalau jam segitu, petugas mengecek setiap blok warga binaan,” kata Saptono seperti dikutip Lombok Pos (Jawa Pos Grouop), Kamis (3/10).



Saat itu, petugas mendengar suara yang tidak wajar di areal sel dua. Tim langsung turun mengecek arah suara. Ternyata, suara itu berasal dari kamar sel Dorfin. ”Petugas melihat, Dorfin sedang mengiris tembok,” bebernya.

Sebenarnya, Dorfin tinggal kabur saja. Karena, bolongan tembok itu sudah cukup untuk meloloskan badannya untuk keluar dari Lapas. “Temboknya itu sudah jebol,” ujarnya.

Tim langsung menangkapnya. Selanjutnya, memeriksa Dorfin. ”Kita sudah periksa Dorfin,” jelasnya.

Dorfin mengaku, dia menjebol tembok itu menggunakan besi. Benda itu dia dapatkan dari patahan pipa selokan. Selanjutnya, alat pemukulnya itu dibungkus menggunakan kain. ”Agar tidak menghasilkan suara,” bebernya.

Dia mengikis tembok menggunakan besi itu sudah cukup lama. Dia melakukannya sendiri. ”Dorfin mengaku sudah sebulan melakukan aksinya,” jelasnya.

Atas kejadian tersebut, sel Dorfin dipindahkan. Langkah itu dilakukan guna menghindari upaya Dorfin untuk kabur. ”Sebelumnya dia menghuni Sel 1, sekarang kita pindahkan ke sel 2,” ungkapnya.

Menurutnya, Dorfin merupakan tahanan profesional untuk kabur. Dia memiliki banyak cara untuk bisa melarikan diri. ”Makanya saya bilang, Dorfin ini masuk kategori tahanan high risk (berisiko tinggi),” jelasnya.

Saptono mengatakan, dengan kejadian tersebut seharusnya Dorfin harus ditahan di Lapas yang maksimum security. Agar pengawasannya lebih ketat. ”Takutnya, nanti dia bisa lepas,” ujarnya.

Pihak Lapas mengupayakan untuk memindahkannya ke Lapas Nusakambangan. Hanya saja, harus menunggu putusan inkrah dari pengadilan. ”Saat ini, kan masih proses kasasi. Sehingga, harus menunggu putusan inkrahnya,” bebernya.Nanti prosesnya, dengan kejadian ini menjadi dasar untuk mengajukan pemindahan Dorfin ke Lapas yang maksimum security ke Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham. ”Kalau sudah inkrah, baru kita proses pemindahannya,” ungkapnya.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, pengawasan terhadap Dorfin harus diperketat. “Jangan sampai terulang kembali,” ungkapnya.

Bukan hanya penjagaan ketat yang diberikan. Petugas juga nanti akan melakukan pendekatan ke Dorfin. Agar, lebih tenang di Lapas. ”Kita takutnya, karena terlalu stres, nanti Dorfin bisa bunuh diri dan lain sebagainya. Itu yang kita hindari,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Inilah Pemicu Kenaikan Harga Emas Berjangka  - Gudang Berita Viral Inilah Pemicu Kenaikan Harga Emas Berjangka
Kamis, 17 Okt 2019, 07:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Harga Minyak Mentah Bisa Naik 1%  - Gudang Berita Viral Harga Minyak Mentah Bisa Naik 1%
Kamis, 17 Okt 2019, 07:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bos IWAPI Digadang-gadang Masuk Kabinet Jokowi  - Gudang Berita Viral Bos IWAPI Digadang-gadang Masuk Kabinet Jokowi
Kamis, 17 Okt 2019, 07:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print