Rabu, 21 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 06 Agu 2019, 20:00:11 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Khofifah Percayakan Pemisahan Kembar Siam kepada Tim RSUD dr Soetomo - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pasien kembar siam dari Kendari, Akila Dewi Syabila dan Azila Dewi Sabrina, menarik perhatian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Saat memasuki Ruang Instalasi Rawat Inap Anak (Irna) Bobo RSUD dr Soetomo kemarin (5/8), Khofifah langsung mendekati keduanya. Dia pun menggendong mereka. Khofifah juga mengajak ngobrol orang tua mereka.

Mungkin karena belum terbiasa dengan Khofifah, dua bayi tersebut sedikit rewel. ”Eee.. nopo nopo?” tutur dia menenangkan keduanya.



Saat ditemui di luar ruang tersebut, Khofifah berharap proses separasi atau pemisahan kembar siam berjalan lancar. Operasi itu dilaksanakan jika berbagai persiapan sudah selesai. Mulai tim tenaga medis RSUD, peralatan, hingga pemeriksaan bayi.

”Kami serahkan kepada tim kembar siam di RSUD dr Soetomo. Mereka sudah punya banyak pengalaman dalam menangani separasi kembar siam,” ucapnya. Khofifah juga mengatakan bahwa Pemprov Jatim sedang berkoordinasi dengan direktur utama BPJS Kesehatan agar ada dispensasi biaya operasi kembar siam. Tujuannya, keluarga tidak terlalu terbebani karena ada biaya yang tidak ter-cover BPJS Kesehatan.

Direktur RSUD Joni Wahyuhadi mengatakan sudah melakukan penandatanganan dengan Pemkot Kendari dan orang tua. Menurut dia, gubernur Jatim dan sekretaris daerah sudah memberikan lampu hijau kepada RSUD untuk melakukan separasi. ’’Sudah ada MoU dari Pemerintah Kota Kendari, Pemerintah Provinsi Jatim, RSUD Kendari, dan RSUD dr Soetomo terkait operasi yang akan dilakukan,’’ katanya. Dia menuturkan, yang penting ditangani dulu. ”Masalah administrasi dan pembiayaan urusan belakangan,” ucapnya.

Dokter spesialis anak RSUD dr Agus Harianto SpA (K) mengatakan, sejak Jumat (2/8) dilakukan pemeriksaan terhadap Akila dan Azila. Hasil pemeriksaan darah terbilang bagus. Jantungnya normal. ”Pemeriksaan CT scan juga sudah dilakukan hari ini (kemarin, Red),” paparnya.

Selanjutnya, diadakan rapat pleno dengan tim radiologi terkait waktu pelaksanaan operasi pemisahan. Kembar siam Akila dan Azila mengalami dempet bagian tulang dada bagian atas hingga bagian atas tali pusar atau thoraco abdominophagus. ”Kami tidak bisa menjanjikan apa-apa. Harapannya, operasinya bisa lancar,” kata Agus.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Situasi Sudah Kondusif, Titik Vital Papua Barat Masih Dijaga Ketat - Gudang Berita Viral Situasi Sudah Kondusif, Titik Vital Papua Barat Masih Dijaga Ketat
Rabu, 21 Agu 2019, 16:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ujian Tulis Berbasis Komputer Maju, Siswa Bisa Stres - Gudang Berita Viral Ujian Tulis Berbasis Komputer Maju, Siswa Bisa Stres
Rabu, 21 Agu 2019, 16:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tambah Cash Flow, BUMN Bakal Jual Sepuluh Ruas Tol Tahun Ini - Gudang Berita Viral Tambah Cash Flow, BUMN Bakal Jual Sepuluh Ruas Tol Tahun Ini
Rabu, 21 Agu 2019, 16:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print