Selasa, 24 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 07 Sep 2019, 19:00:09 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Ketahui Waktu Tepat Beri Probiotik Tambahan pada Anak - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Probiotik atau bakteri baik pada usus diakui memiliki banyak manfaat. Terutama untuk buah hati yang masih dalam tahap pertumbuhan. Tak hanya melindungi usus dan membantu menyerap gizi makanan dalam saluran cerna, probiotik ternyata bisa meningkatkan sistem imun anak.

Lantas, perlukan memberikan probiotik tambahan pada anak? dan kapan waktu yang tepat?



Dalam diskusi media, Sabtu (9/7), Dr. Ryan Carvalho MD MBA, dari Associate Prof of Pediatrics, The Ohio State University College of Medicine mengungkapkan, probiotik atau bakteri baik sebenarnya sudah ada dalam usus secara alami. Hanya saja, pada anak-anak lebih baik jika diberikan probiotik tambahan agar sistem pencernaannya terjaga dari bakteri jahat.

Ia memaparkan, pencernaan yang sehat dapat mendukung kesehatan anak karena 80 persen dari sistem kekebalan tubuh terdapat dalam saluran cerna. Terlebih, sistem pencernaan terhubung dengan otak melalui saraf, endokrin, dan antibodi atau disebut Brain-gut axis.

Dr. Ryan Carvalho MD MBA, dari Associate Prof of Pediatrics, The Ohio State University College of Medicine dalam diskusi media tentang manfaat probiotik. (Nurul Adriyana/gudangberitaviral.com)

Sehingga, ketika sistem pencernaan baik, maka penyerapan gizi untuk seluruh tubuh juga baik. Nah, sisi positif ini yang disampaikan otak ke seluruh tubuh. Sehingga anak bisa melalukan aktivitasnya dengan maksimal tanpa gangguan kesehatan.

“Dia (probiotik) menghasilkan asam lemak. Ketika asam lemak banyak, maka usus pun dapat bergerak dengan baik, yang langsung dihubungkan pada otak. Maka otak pun akan merespon positif ke seluruh tubuh,” papar Dr. Ryan.

Maka dari itu, ia menyarankan tak ada salahnya memberikan probiotik tambahan. Menurutnya, berdasarkan penelitian, salah satu cara tepat mendapatkan probiotik tambahan adalah lewat susu, yang bisa diberikan sejak lahir hingga umur 4 tahun.

“Probiotik itu bukan obat, jadi sebenarnya tidak ada batasan kapan harus diberikan. Bisa kapan saja dan paling bagus yang diberikan lewat susu seperti susu pertumbuhan. Tapi ini (pemberian probiotik) harus berlanjut ya, agar kesehatan saluran cerna benar terbentuk,” tukasnya.

Bicara soal probiotik dalam susu, Dr. dr. Ray Basrowi, MKK, selaku Vice President Head of Medical and Nutrition Services Nestle mengatakan, sebenarnya probiotik itu terdapat dalam Air Susu Ibu (ASI). Dalam berbagai penelitian membuktikan, dalam asi terdapat bakteri baik yang bisa membantu menyuburkan probiotik dalam usus.

Sehingga, anak di bawah satu tahun memang sangat dianjurkan minum asi. Kenapa? karena memang harus membangun sistem pertahanan seluran cerna pada anak. Tak seperti orang dewasa yang sudah stabil.

“Asi tidak bisa digantikan atau dibandingkan dengan produk susu, karena memang dia golden standarnya,” ujar Dr. Ray.

Nah, sedangkan untuk anak di atas satu tahun, tambahan probiotik ini bisa didapatkan dari susu pertumbuhan. Sebab, asi sendiri bukanlah makanan utama lagi bagi si anak.

“Catatannya sih sebenarnya jangan pernah seduh susu pakai air panas, usahakan air yang hangat saja. Soalnya kalau panas, enggak baik juga untuk probiotik yang terdapat dalam susu pertumbuhan,” sambungnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Teknologi Modifikasi Cuaca Tak Efektif, Asap Masih Pekat - Gudang Berita Viral Teknologi Modifikasi Cuaca Tak Efektif, Asap Masih Pekat
Selasa, 24 Sep 2019, 03:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Rizal Ramli Diminta Ceramah di Festival Film Dunia  - Gudang Berita Viral Rizal Ramli Diminta Ceramah di Festival Film Dunia
Selasa, 24 Sep 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pelatih Barcelona Merasa Tertekan Sejak Awal Musim  - Gudang Berita Viral Pelatih Barcelona Merasa Tertekan Sejak Awal Musim
Selasa, 24 Sep 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print