Selasa, 15 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 01 Okt 2019, 15:00:06 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kerusuhan di Wamena, Anggota DPR Ini Sebut Perlu Ada Pemekaran Wilayah - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kerusuhan yang beberapa hari terjadi di Wamena, Papua hingga kini masih menjadi sorotan. Hal ini pun dinilai harus menjadi perhatian pemerintah pusat untuk turut serta mengamankan kota yang terletak di Lembah Baliem ini.

Anggota DPR RI terpilih daerah pemilihan (Dapil) Papua, Sulaiman Hamzah menyatakan, konflik yang terjadi di Papua bukan hanya terjadi pada saat ini, namun sudah sejak lama. Menurutnya, untuk menyelesaikan konflik di Papua perlu adanya pemekaran wilayah.



“Saat ini orang bicara di permukaan padam, tapi sebetulnya di bawah masih bergejolak. Diharapkan masalah Papua ini aspirasi terakhir, memang masyarakat menginginkan harus mekar mengikuti wilayah adat,” kata Sulaiman ditemui gudangberitaviral.com, Selasa (1/10).

Meski situasi di Wamena terlihat kondusif, namun akar masalah belum diselesaikan. Menurutnya, pemerintah perlu lebih memerhatikan masyarakat adat yang ada di Papua.

“Karena dari wilayah adat tadi memang menjadi masalah berat buat mengatasi akar masalah,” ucap Sulaiman.

Oleh karena itu, lanjut Sulaiman, solusi jangka panjang untuk mengatasi permasalahan di Papua tidak lain dengan pemekaran wilayah. Politikus Partai Nasdem ini menyarankan agar ditambah lima Provinsi di Papua.

“Dimekarkan untuk provinsi mengikuti wilayah adat Papua, itu ada tujuh wilayah adat. Dua di Papua Barat dan lima di Papua,” ujar Sulaiman.

Sulaiman menyebut, hal ini disampaikan berdasarkan permintaan rakyat Papua. Sebab dia merupakan petahana anggota DPR RI yang terpilih kembali dari Dapil Papua.

“Karena itu di Papua sendiri mesti ada pemekaran, seperti aspirasi yang pernah disampaikan oleh presiden dan juga yang berkembang selama ini, sepanjang turun di Dapil memang semua menginginkan mekar. Karena setiap wilayah adat ini kan berbeda-beda, dia punya culture di sana, karena itu gesekan terjadi bisa jadi antar kelompok wilayah adat,” tukasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Alasan Anggaran Pembangunan Flyover di Jakarta Membengkak - Gudang Berita Viral Alasan Anggaran Pembangunan Flyover di Jakarta Membengkak
Selasa, 15 Okt 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Infrastruktur Penghubung jadi Prioritas Lima Tahun ke Depan - Gudang Berita Viral Infrastruktur Penghubung jadi Prioritas Lima Tahun ke Depan
Selasa, 15 Okt 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Realme XT dengan 64MP Quad Camera Melenggang di Indonesia 23 Oktober - Gudang Berita Viral Realme XT dengan 64MP Quad Camera Melenggang di Indonesia 23 Oktober
Selasa, 15 Okt 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print