Kamis, 19 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 01 Sep 2019, 19:00:02 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Keputusan Rini Soemarno Kental Muatan Politis  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Keputusan Menteri BUMN Rini Soemarno menggeser Suprajarto dari jabatan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menjadi Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk dinilai kental muatan politis.

"Saya melihat ini kental politis. Kita semua tahu bagaimana kinerja Suprajarto luar biasa. BRI bisa meningkat pesat," kata  Pengamat Hukum dari Universitas Trisakti Irfan Akhyari, Minggu (1/9/2019).

Di sisi lain, lanjutnya, kinerja BTN pun sedang pada posisi bagus. Dia mempertanyakan keputusan Menteri BUMN saat _injury time_ di akhir masa jabatannya. "Ini seperti Rini ingin menunjukan power-nya sebagai Menteri," kata Irfan.



Adapun, Presiden Joko Widodo telah memberi instruksi kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno agar tidak ada perombakan direksi BUMN hingga Oktober 2019.

Pelarangan itu disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Alasan pelarangan tersebut, karena masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla  segera berakhir pada 20 Oktober 2019.

"Pak Luhut (Binsar Panjaitan) dan Pak Moeldoko kan sudah bicara. Ini kenapa Rini bisa beda dengan Presiden? Ini kan jadi pertanyaan," kata Irfan.

Dari kacamata hukum, Irfan menilai Menteri BUMN memang merupakan perwakilan pemerintah sebagai pemegang saham mayoritas di BUMN. Berdasarkan UU BUMN, pergantian direksi maupun komisaris bisa dilakukan di rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

Namun, hal tersebut tak serta merta bisa memutuskan perombakan direksi tanpa sepengetahuan Presiden

Pasalnya, berdasarkan Instruksi Presiden nomor 9 Tahun 2005 tentang Perubahan atas Instrujsi Presiden Nomor 8 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Anggita Direksi dan/atau Komisaris/Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara, Presiden merupakan penilai akhir.

"BRI adalah salah satu dari 20 BUMN strategis. Presiden berkedudukan sebagai penilai akhir, jadi harus tahu, tidak bisa tidak tahu kalau ada perombakan. Kalau tidak, ini mendelegitimasi Presiden," kata Irfan.

Instruksi Presiden, lanjutnya, adalah kewibawaan Presiden.

"Ini bisa menjadi pertimbangan Presiden, apakah akan menjadikan Rini lagi menjadi Menteri di periode kedua nanti," katanya.[Rok].




Sumber: inilah.com

Tag: News



Imam Nahrawi Bantah Terima Duit Suap Sebesar Rp 26,5 Miliar - Gudang Berita Viral Imam Nahrawi Bantah Terima Duit Suap Sebesar Rp 26,5 Miliar
Kamis, 19 Sep 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 3 Kali
Safe House Kemensos Diserbu Warga Korban Karhutla - Gudang Berita Viral Safe House Kemensos Diserbu Warga Korban Karhutla
Kamis, 19 Sep 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ketika Susy Susanti Bela Negara di Tengah Kacaunya Kondisi Indonesia - Gudang Berita Viral Ketika Susy Susanti Bela Negara di Tengah Kacaunya Kondisi Indonesia
Kamis, 19 Sep 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print