Minggu, 22 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 19:00:20 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kenangan Lomba Foto Satwa saat Masih Pakai Kamera Film di Taman Safari - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Teknologi dari waktu ke waktu memang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Termasuk salah satunya adalah fotografi. Beranjak dari kamera yang masih menggunakan roll film hingga kini yang telah berformat digital. Perubahan ini lantas memengaruhi sistem lomba foto manapun.

Dari keterangan pers yang diterima gudangberitaviral.com, International Animal Photo Competition (IAPC) sempat mengarungi perubahan teknologi fotografi tersebut. Kali pertama diadakan pada 1990 di Taman Safari Bogor, IAPC kala itu menerima karya foto berupa foto cetak. Teknologi kamera memang masih menggunakan roll film. Butuh keahlian khusus untuk menciptakan karya foto yang berkualitas. Sebab, fotografer tak bisa langsung melihat hasil jepretan kamera. Negatif film harus dicetak terlebih dahulu, agar dapat terlihat hasilnya.



Saat itu, tiap peserta wajib mengirimkan foto cetak berukuran 10R maksimal 10 lembar. Bayangkan saja, dengan total peserta sekitar 300-an orang, maka terkumpullah 3 ribuan lembar foto yang dilombakan. Panitia IAPC benar-benar bekerja keras dalam menilai tiap lembar foto yang diterima untuk memilih pemenangnya. Namun, tentu saja penilaian tersebut dilakukan dengan menyenangkan. Sebab, latar belakang digelarnya IAPC tentu untuk mengampanyekan upaya konservasi satwa yang selama ini dilakukan oleh Taman Safari Indonesia (TSI) Group.

IAPC lantas rutin digelar. Yang tadinya hanya berskala lokal, sejak 1999 lomba foto satwa ini menjadi ajang bergengsi internasional. Sempat ditiadakan pada 1998, karena situasi yang tak mendukung, IAPC 2019 adalah gelaran ke-29 kali. Sungguh sebuah pencapaian yang luar biasa bagi sebuah pergelaran lomba foto satwa.

Dengan segala kenangan sejarah itulah, wajar bila perhelatan roadshow IAPC 2019 di Taman Safari Bogor pada 14 September 2019 mendatang menjadi istimewa. Selain karena kemeriahan lomba, ada kenangan manis lomba IAPC yang tak mungkin terlupakan hingga sekarang. Gelaran roadshow IAPC 2019 di Taman Safari Bogor ini merupakan jadwal roadshow kedua setelah yang pertama digelar di Bali Safari Park, pada 24 Agustus 2019 lalu.

Menurut Hans Manansang, Deputy Director Taman Safari Indonesia selaku ketua penyelenggara, IAPC bukan sekadar lomba foto biasa. Sebab, ada pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Melalui perlombaan foto yang menampilkan satwa, diharapkan masyarakat bisa lebih peduli terhadap satwa-satwa yang mulai terancam punah. Apalagi satwa-satwa endemik Indonesia. “IAPC mengajak masyarakat agar makin cinta dengan satwa,” ujar Hans Manansang.

IAPC 2019 dibagi menjadi dua kategori yaitu TSI dan umum. Kategori TSI diperuntukkan bagi peserta yang mengirimkan hasil karya foto yang diambil di seluruh area TSI Group (Taman Safari Bogor, Taman Safari Prigen, Bali Safari & Marine Park, Batang Dolphins Center, Royal Safari Garden Resort & Convention, dan Jakarta Aquarium).

Sedangkan untuk kategori umum, ditujukan bagi peserta yang melakukan pemotretan satwa di manapun selain TSI. IAPC juga akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti workshop fotografi, animal photo hunting dan kegiatan menarik lainnya. Buat Anda yang eksis di Instagram, ada lomba foto khusus Instagram bertemakan “Aku dan Satwa”.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Geliat Penyelamatan Bumi, Puluhan Kota Terancam Hilang - Gudang Berita Viral Geliat Penyelamatan Bumi, Puluhan Kota Terancam Hilang
Minggu, 22 Sep 2019, 14:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Layani Umrah dan Haji, Flynas Kini Terbang dari Bandara Soekarno-Hatta - Gudang Berita Viral Layani Umrah dan Haji, Flynas Kini Terbang dari Bandara Soekarno-Hatta
Minggu, 22 Sep 2019, 14:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Taneyan Lanjang - Gudang Berita Viral Taneyan Lanjang
Minggu, 22 Sep 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print