Rabu, 13 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 04 Nov 2019, 15:00:16 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kemarau Panjang, Masa Tanam Tanaman Pangan di Jatim Mundur - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Dampak musim kemarau terhadap ketersediaan bahan pokok masih diwaspadai. Apalagi, sekarang ini dua bulan menjelang momen Natal dan tahun baru. Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jatim Bagus Sasmita mengatakan, berdasar pantauan di lapangan, harga bahan pokok relatif stabil.

“Selain memantau di lapangan, juga melalui aplikasi Siskaperbapo (Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok),” kata dia, Minggu (3/11). Berkaitan dengan itu, disperindag menggelar rapat koordinasi yang diikuti pemerintah kabupaten/kota di Jatim.



Sejauh ini ketersediaan bahan pokok untuk konsumsi masyarakat di Jatim masih memadai. Hanya, yang perlu diantisipasi adalah dampak kemarau panjang. Di sektor pertanian, jadwal kegiatan tanam untuk komoditas pangan mundur.

“Kami sampaikan ke kabupaten/kota untuk memonitor perkembangan harga. Kami juga berkoordinasi dengan Bulog,” paparnya.

Kabupaten/kota juga diimbau melakukan operasi pasar seperti menggelar pasar murah ataupun kegiatan lainnya. Disperindag Jatim pun sedang menyiapkan pasar murah yang akan berlangsung pada pertengahan bulan ini.

“Ini sebagai langkah antisipasi kami,” tegasnya.

Saat ini kegiatan panen cabai masih berlangsung di beberapa daerah. Tidak hanya panen, beberapa wilayah juga memasuki musim tanam.

Wakil Ketua Asosiasi Agrobisnis Cabai Indonesia Jatim Nanang Triatmoko mengatakan, sejalan dengan masih panennya di beberapa daerah, semua harga cabai menurun, baik cabai rawit, merah besar, maupun cabai keriting.

Harga di tingkat petani untuk cabai rawit sekitar Rp 22 ribu per kg, kemudian cabai merah besar Rp 10 ribu–Rp 11 ribu per kg, kemudian untuk cabai keriting Rp 6.000 per kg. “Di Jember panen cabai merah besar sudah habis. Kemudian, di Banyuwangi tidak ada gejolak. Di daerah lain seperti Probolinggo juga sedang proses panen,” urainya.

Tidak hanya dipasok dari produksi di dalam provinsi, cabai di Jatim juga mendapat limpahan dari luar pulau. Di antaranya, Mataram. Masuknya cabai dari Mataram sangat memengaruhi harga di Jatim sehingga harga cabai turun dan kualitasnya tidak bagus. Selain panen, beberapa wilayah memasuki musim tanam.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Kemarau Panjang, Masa Tanam Tanaman Pangan di Jatim Mundur

Tag: News



 China Bisa Segera Luncurkan Uang Digital  - Gudang Berita Viral China Bisa Segera Luncurkan Uang Digital
Rabu, 13 Nov 2019, 01:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Cari Rumah di Milan, Xhaka Tinggalkan Arsenal?  - Gudang Berita Viral Cari Rumah di Milan, Xhaka Tinggalkan Arsenal?
Rabu, 13 Nov 2019, 01:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kapolri Silaturahmi ke Pimpinan PBNU  - Gudang Berita Viral Kapolri Silaturahmi ke Pimpinan PBNU
Rabu, 13 Nov 2019, 01:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print