Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 09 Agu 2019, 11:00:02 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Kemarau, Angin Kumbang Landa Ciayumajakuning  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Selain dilanda kekeringan, wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) dilanda angin kumbang yang berhembus sejak satu bulan terakhir di wilayah Utara Gunung Ciremai.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi mencatat, kecepatan hembusan angin kumbang mencapai 50 kilometer per jam. Perbedaan tekanan udara membuat kecepatan angin diperangaruhi oleh tekstur Gunung Ciremai dan akan menerjang Ciayumajakuning lebih lama.

"Perbedaan ini merangsang timbulnya pergerakan udara dari selatan ke utara dengan kecepatan cukup tinggi," ujar Prakirawan BMKG Stasiun Jatiwangi Ahmad Faa Izyn, Jumat (9/8/2019).



Menurut dia, angin kumbang ruting terjadi setiap ada perubahan tekanan udara antara wilayah selatan dan utara ekuator. Sehingga masyarakat Ciayumajakuning perlu mewaspadai dampak angin tersebut.

"Tahun ini kebetulan berbarengan dengan kemarau, maka perlu waspada dampak kemarau yang bisa diperparah oleh angin ini," ujarnya.

Adapun dampak dari angin kumbang yang perlu diwaspadai yakni potensi kebakaran dan debu yang melesat lebih cepat bersama angin. Kondisi tersebut wajib diantisipasi akan timbulnya penyakit. [rok/ton]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Dengan Papua Itu Bersaudara, Sejak Dulu… - Gudang Berita Viral Dengan Papua Itu Bersaudara, Sejak Dulu…
Minggu, 25 Agu 2019, 20:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali
INDEF Yakin Suku Bunga Acuan Bisa Diturunkan Lagi jadi 5,25 Persen - Gudang Berita Viral INDEF Yakin Suku Bunga Acuan Bisa Diturunkan Lagi jadi 5,25 Persen
Minggu, 25 Agu 2019, 20:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali
Bos YLBHI Tuding 3 Anggota Pansel Capim KPK Ada ‘Main’ sama Polri - Gudang Berita Viral Bos YLBHI Tuding 3 Anggota Pansel Capim KPK Ada ‘Main’ sama Polri
Minggu, 25 Agu 2019, 20:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print