Sabtu, 24 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 08 Agu 2019, 19:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kata Warga Soal Perluasan Ganjil Genap Atasi Polusi Udara Jakarta - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memberlakukan perluasan ganjil genap (gage) sebagai tindak lanjut Intruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Total saat ini ada 25 ruas jalan yang diberlakukan kebijakan ini. Kebijakan ini kemudian mendapat respons beragam dari warga ibu kota.

Seperti Adi Wildansyah, 32, mengatakan setuju dengan gage diperluas. Dengan demikian bisa mendorong masyarakat beralih ke transportasi umum. Sehingga kemacetan bisa dikurangi. “Saya dukung. Biar orang-orang pindah ke transportasi umum. Tapi transportasi umumnya dikasih insentif lah, kayak MRT dimurahin,” ujar Adi di Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (8/8).



Kebijakan ini juga dinilai Adi bisa mengurangi polusi udara yang sudah cukup parah mendera kota Jakarta. Tapi, menurut dia perluasan gage harus diimbangi dengan pelayanan transportasi umum yang memadai serta ramah terhadap isi dompet warga. “Justru bagus. Polusi udara kan katanya Jakarta tertinggi di dunia. Jadi bagus (kalau gage diperluas),” tambahnya.

Kendaraan bermotor melintas Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (7/8/2019). Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengumumkan perluasan 16 rute baru kebijakan Ganjil-Genap bagi kendaraan roda empat yakni di Jalan Pintu Besar Selatan, Gajah Mada, Hayam Wuruk, Majapahit, Sisingamangaraja, Panglima Polim, Fatmawati, Suryopranoto, Balikpapan, Kyai Caringin, Tomang Raya, Pramuka, Salemba Raya, Kramat Raya, Senen Raya, dan Gunung Sahari yang mulai berlaku pada 9 September 2019. Foto: Dery Ridwansah/ gudangberitaviral.com

Sementara itu, warga lainnya Iman Santoso, 26, menilai kebijakan ini tidak sepenuhnya memberi dampak positif, meskipun bertujuan baik untuk kemajuan Jakarta. Namun, dengan kebijakan ini secara tidak langsung membuatnya memutar otak dalam mencari penghasilan.

Pekerjaannya sebagai pengemudi taksi online menjadi tak selancar pada hari-hari sebelumnya. Banyaknya ruas jalan yang terkena ganjil genap, mengakibatkan banyak orderan tidak bisa diambil karena plat nomornya tidak sesuai tanggal. Sehingga tidak bisa masuk ruas jalan tersebut. “Kebetulan saya driver online agak keberatan, trayeknya berkurang. Kalau diperluas gimana,” kata Iman.

Menurut dia, kebijakan ini bisa menjadi pisau bermata dua bagi masyarakat. “Di satu sisi bisa mengurangi (polusi), tapi apakah mengurangi polusi udara juga memangkas rezeki orang,” jelasnya.

Ilustrasi perluasan ganjil genap. (Koko Praba/ gudangberitaviral.com)

Terpisah, Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Jakarta Yayat Supriyatna menilai kebijaka perluasan gage ini harus dievaluasi secara rutin. Setidaknya sampai 3 bulan kedepan. Apabila dalam kurun wkatu tersebut polusi di Jakarta tak kunjung berkurang, maka harus dilakukan perbaikan ulang.

Perbaikan itu bisa meliputi dengan uji emisi kendaraan. Kendaraan yang melintas bisa ditandai dengan stiker lolos uji emisi. Cara lainnya, bisa dengan tarif parkir yang dinaikan signifikan. Sehingga pengendara berfikir ulang untuk membawa kendaraan pribadi. “Atau kalau perlu diperpanjang ganjil genapnya selama 15 jam seperti Asian Games 2018,” sambung Yayat.

Di sisi lain, lanjut Yayat, apabila dilihat dari peta perluasan gage, sebetulnya arus sudah mengapit seluruh akses ke pusat kota Jakarta. Namun, yang perlu diantisipasi kali ini yakni peralihan ke penggunaan sepeda motor. “Cuma yang harus diantisipasi itu jangan sampai motornya semakin banyak, (angkutan) onlinenya semakin banyak, repot nanti kita kalau begitu,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Airlangga: Partai Golkar Segaris dengan Presiden - Gudang Berita Viral Airlangga: Partai Golkar Segaris dengan Presiden
Sabtu, 24 Agu 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
PKS Desak PBB Turun Tangan Cegah Korban Sipil di Kashmir - Gudang Berita Viral PKS Desak PBB Turun Tangan Cegah Korban Sipil di Kashmir
Sabtu, 24 Agu 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kebakaran Hutan Lagi  - Gudang Berita Viral Kebakaran Hutan Lagi
Sabtu, 24 Agu 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print