Senin, 19 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 04 Agu 2019, 11:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kata Kuasa Hukum Sjamsul Nursalim Soal Penetapan Buronan KPK - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan tersangka kasus Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Sjamsul Nursalim dan istrinya Ijtih Nursalim sebagai daftar pencarian orang (DPO) KPK. Penetapan buronan itu dilakukan setelah obligor Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) ini mangkir dua kali dari pemeriksaan penyidik KPK.

Tim penasihat hukum Sjamsul dan Ijtih Nusalim, Maqdir Ismail, mempertanyakan dasar hukum keputusan KPK terkait ditetapkannya DPO untuk dua kliennya tersebut. Dia menilai, memasukkan Sjamsul Nursalim dalam DPO menyimpang dari keputusan kasasi Mahkamah Agung (MA).



“Keputusan KPK (terkait Sjamsul dan istri) tidaklah masuk akal, karena MA telah memutuskan bahwa tindakan penerbitan SKL oleh Syafruddin Arsyad Temenggung (SAT) bukan merupakan perbuatan pidana,” ujar Maqdir, Minggu (4/5).

Untuk itu, ia sangat heran ketika KPK yang tetap tegas menilai Sjamsul dan Ijtih telah dianggap melakukan tindak pidana. “KPK hingga kini belum bisa menjelaskan hal ini. Oleh karenanya, penetapan Sjamsul sebagai buronan merupakan suatu penyalahgunaan wewenang oleh KPK,” ujarnya,

Sebelumnya, KPK menetapkan Sjamsul Nursalim dan istrinya Ijtih Nursalim sebagai buron alias masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).  Sjamsul dan istrinya sudah dua kali dipanggil komisi antirasuah sebagai tersangka kasus korupsi SKL BLBI. Namun, bos PT Gajah Tunggal Tbk itu tak kunjung mengindahkan pemanggilan KPK. Tak ada surat keterangan maupun alasan ketidakhadiran, baik dari Sjamsul maupun Itjih.

“Iya DPO iya,” kata Saut Situmorang, Wakil Ketua KPK saat ditanya soal status Sjamsul dan istrinya Ijtih di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (2/8).

Saut belum menjelaskan ihwal surat keterangan DPO itu sudah dikirimkan ke kepolisian internasional (interpol) atau belum. Namun, surat itu sudah disiapkan oleh pihak Deputi Penindakan.

“Saya belum tahu teknisnya seperti apa tapi kemarin dari deputi sudah menyiapkan itu,” ucap Saut.

Sjamsul dan istrinya Itjih Nursalim sendiri sudah dua kali dipanggil komisi antirasuah sebagai tersangka kasus korupsi SKL BLBI. Namun, bos PT Gajah Tunggal Tbk itu tak kunjung mengindahkan pemanggilan KPK. Tak ada surat keterangan maupun alasan ketidakhadiran, baik dari Sjamsul maupun Itjih.

Sebelumnya, Sjamsul dan Itjih Nursalim dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Sjamsul diduga menjadi pihak yang diperkaya Rp4,58 Triliun.

KPK sendiri telah memanggil keduanya untuk diperiksa sebagai tersangka pada Jum’at (28/6) lalu. Namun, keduanya mangkir. Kabag Pemberitaan Yuyuk Andriani menyebutkan pihaknya belum mendapatkan informasi terkait ketidakhadiran Sjamsul dalam agenda pemeriksaan tersebut.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Kepala Suku di Papua Turun Tangan Atasi Kerusuhan Manokwari - Gudang Berita Viral Kepala Suku di Papua Turun Tangan Atasi Kerusuhan Manokwari
Senin, 19 Agu 2019, 15:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Sejak 2018-2019, Polres Jakbar Bongkar 4 Pabrik Rumahan Narkoba - Gudang Berita Viral Sejak 2018-2019, Polres Jakbar Bongkar 4 Pabrik Rumahan Narkoba
Senin, 19 Agu 2019, 15:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Preview Wolverhampton vs Man United: Waspadai Penyerang Cepat Wolves! - Gudang Berita Viral Preview Wolverhampton vs Man United: Waspadai Penyerang Cepat Wolves!
Senin, 19 Agu 2019, 15:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print