Minggu, 22 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 07 Sep 2019, 11:00:06 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kasus Pasien JKN Tak Bisa Cuci Darah, Begini Klarifikasi Kemensos - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Salah satu pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Bariyadi, 48, dari Klaten, Jawa Tengah, tidak bisa cuci darah. Menurut pihak Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia, hal itu menyusul keputusan Kementerian Sosial (Kemensos) menonaktifan 5.227.852 orang dari daftar Penerima Bantuan Iuran (PBI) program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Bariyadi dilaporkan tak bisa cuci darah karena kartu BPJS PBI-nya sudah dinonaktifkan.

Ketua Umum Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) menyesalkan kejadian tersebut. Pasalnya, pasien gagal ginjal perlu cuci darah untuk menyelamatkan nyawanya. “Pasien yang tidak bisa cuci darah akan mengancam keselamatan nyawa pasien,” ujarnya dalam keterangan tertulis dan sudah dikonfirmasi gudangberitaviral.com, Jumat (6/9).



Bariyadi yang tak bisa cuci darah, sebelumnya dalam kondisi sesak napas dan tubuh membengkak karena kelebihan cairan. Selama ini Bariyadi melakukan cuci darah rutin di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

“Kami komunikasi dengan istri pasien, Endang, bahwa suaminya tidak bisa cuci darah dari hari Rabu (4/19). Keluarga sudah ke kantor BPJS, namun disuruh mengurus ke BPJS Mandiri dan harus deposit uang ke bank sebesar Rp 500 ribu. Masalahnya pasien tak ada uang. Ini suaminya pasien pengangguran, tulang punggung keluarga hanya istri yang bekerja sebagai buruh pabrik. Harusnya semua orang mempunyai hak mendapat pelayanan kesehatan, walaupun itu dari kalangan kurang mampu,” kata Tony.

Tony mengungkapkan keluarga pasien juga dibantu oleh kelurahan setempat telah mendatangi kantor Dinas Sosial untuk mengaktifkan kembali BPJS PBI agar bisa cuci darah. Jadwal cuci darahnya hari Rabu dan Sabtu. “Bila sampai terjadi kematian pada si pasien, KPCDI akan melakukan langkah hukum”, tegasnya.

Sementara itu, saat dihubungi gudangberitaviral.com, Kementerian Sosial menyampaikan klarifikasi terkait pasien PBI JKN yang tidak mendapat layanan kesehatan karena dicoret dari kepesertaan. Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Sosial Mirza Pahlevi .

“Kami cek dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan yang bersangkutan tidak terdaftar dalam DTKS dan tidak terdaftar dalam Peserta PBI JKN,” kata Mirza.

Berdasarkan penelusuran data dan informasi yang dilakukan Tim Pusdatin Kemensos bersama Tim BPJS Kesehatan, menurutnya, yang bersangkutan masuk sebagai Peserta PBI yang dibiayai APBD. Saat ini, dengan gerak cepat yang dilakukan Kemensos-BPJS Kesehatan, kepesertaan PBI JKN atas nama Bariyadi sudah aktif kembali sehingga yang bersangkutan dapat memanfaatkan layanan cuci darah sesuai jadwal dan dijamin JKN.

Sementara terkait pernyataan KPCDI yang mengatakan Kemensos menonaktifan 5.227.852 orang dari daftar PBI JKN telah memakan korban, Mirza menegaskan bahwa hal ini tidak benar. Mirza menyebut nama Bariyadi sebagaimana dimaksud oleh KPCDI tidak termasuk dalam data 5,2 juta PBI JKN yang pada 30 Juli 2019 telah diganti dengan peserta baru.

Seperti diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Sosial RI No 79 Tahun 2019 tanggal 30 Juli 2019 tentang Penonaktifan dan perubahan Data Peserta PBI JKN Tahun 2019 Tahap Keenam disebutkan penggantian Peserta PBI JKN di seluruh Indonesia sebanyak 5.222.852 jiwa.

“Nama Bariyadi tidak ada dalam daftar 5,2 juta peserta tersebut. Peserta yang diganti adalah yang tidak pernah mengakses layanan kesehatan ke fasilitas kesehatan yang ditentukan, telah meninggal, dan data ganda,” tegasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Memakan Daging atau Ikan Bakar Ternyata Bisa Tingkatkan Darah Tinggi - Gudang Berita Viral Memakan Daging atau Ikan Bakar Ternyata Bisa Tingkatkan Darah Tinggi
Minggu, 22 Sep 2019, 12:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Final Keempat Minions vs Daddies di 2019 - Gudang Berita Viral Final Keempat Minions vs Daddies di 2019
Minggu, 22 Sep 2019, 12:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Sebulan, Bobot Bayi Pasangan Fitriani-Bono Lompat Jadi 15 Kg - Gudang Berita Viral Sebulan, Bobot Bayi Pasangan Fitriani-Bono Lompat Jadi 15 Kg
Minggu, 22 Sep 2019, 12:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print