Selasa, 15 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 02 Okt 2019, 21:00:07 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kasus Bom Molotov, Polisi Ungkap Peran Sentral Dosen FEM IPB - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Dosen Institute Pertanian Bogor (IPB) Abdul Basith (AB) disebut sebagai tokoh sentral dari 10 tersangka yang diamankan Densus 88. Peran itu diungkap oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

“AB aktif dalam rencana aksi Mujahid 212 beberapa waktu lalu. Ia mengendalikan orang yang direkrutnya untuk melakukan tindakan anarkis. Baik penyerangan, perusakan, baik bom-bom (molotov) yang dipersiapkan,” ujar Dedi di kantor Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/10).



Selain merekrut, lanjut Dedi, Abdul Basith juga mengatur skenario rencana aksi unjuk rasa yang berakhir dengan kerusuhan. Dia pun merangkap sebagai penyandang dana untuk orang-orang yang direkrut mengikuti unjuk rasa.

“Contohnya, S alias Laode dia didatangkan langsung dari Ambon. Dan dibiayai langsung oleh yang bersangkutan (Basith) untuk datang ke Jakarta,” imbuhnya.

Selanjutnya S diperintahkan oleh Basith mencari orang-orang yang bisa merakit bom molotov. Hingga didapatlah JAF, AL, NAD, dan SAM. Tersangka S juga bertugas merekrut eksekutor. Hingga didapat sosok YF yang bertindak sebagai koordinator lapangan. Sedangkan untuk eksekutor kerusuhannya AL dan FEB.

“Eksekutor ini kemudian mendapat order terkait sasaran-sasaran dalam aksi demonstrasi. Karena itu barbuk yang disita bukan bom molotov saja. Sebagaian besar ada bom ikan. Kalau sasarannya properti dan fasilitas publik tentu bisa sangat merusak,” tambah Dedi.

Dedi juga mengungkapkan, kandungan bom molotov yang dibuat oleh kelompok ini bukan molotov seperti biasanya yang hanya diisi bensin. Namun, ada kandungan lainnya yang bisa menimbulkan efek lebih dahsyat. Namun, dia enggan membeberkannya karena dikhawatirkan akan ditiru oleh masyarakat.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu membantah terkait adanya narasi minyak jarak untuk membantah kepemilikan Basith atas bom molotov.  Sebab, uji laboratorium forensik sudah dilakukan. Diperkuat dengan keterangan para tersangka.

Lebih lanjut, Dedi juga menjelaskan, kelompok ini beraksi dengan tujuan mengganggu pelantikan DPR/MPR RI. Caranya dengan membuat kerusuhan dari setiap unjuk rasa yang digelar.

“Bisa juga menggagalkan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Tentunya bukan berhenti di sini. Proses ini masih berlangsung di Polda Metro Jaya. Layar utamanya AB, keduanya S dan OS,” pungkas Dedi.

Diketahui, sebelumnya, Abdul Basith telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Dosen Fakultas Ekonomi Manajemen (FEM) itu diduga menggerakkan pembuatan bom molotov untuk aksi Mujahid 212 pada Sabtu (28/9). Bom itu dibuat untuk memicu kerusuhan atau chaos saat aksi digelar.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo membenarkan bahwa dosen IPB berinisial AB dan sejumlah rekan lainnya telah ditetapkan sebagai tersangka. “Semua sudah tersangka,” tutur Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (1/10).

Abdul Basith dijerat pasal berlapis seperti Pasal 1 ayat (1) UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 atas tindak pidana membuat, menguasai, membawa, menyimpan, mengangkut, menyerahkan dan atau berusaha menyerahkan bahan peledak.

“KUHP 169, ada beberapa pasal yang diterapkan di sini sesuai dengan perbuatan masing-masing. Di sini cukup banyak, baik pasal KUHP maupun pasal-pasal terkait menyangkut masalah Undang-Undang Darurat kepemilikan terhadap bahan peledak,” jelas dia.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Dua Pegawai BPK Kembalikan Uang Suap Senilai Rp 700 Juta ke KPK - Gudang Berita Viral Dua Pegawai BPK Kembalikan Uang Suap Senilai Rp 700 Juta ke KPK
Selasa, 15 Okt 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Larang Demo hingga Pelantikan Jokowi-Ma’Ruf, TNI-Polri Siap Bertindak - Gudang Berita Viral Larang Demo hingga Pelantikan Jokowi-Ma’Ruf, TNI-Polri Siap Bertindak
Selasa, 15 Okt 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
OTT Bupati Indramayu, KPK Turut Amankan Uang Ratusan Juta - Gudang Berita Viral OTT Bupati Indramayu, KPK Turut Amankan Uang Ratusan Juta
Selasa, 15 Okt 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print