Kamis, 19 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 03 Sep 2019, 15:00:07 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kardinal Mgr Ignatius Surharyo, Buah Kepemimpinan Sang Uskup Pancasila - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kaget. Itulah reaksi pertama Uskup Agung Jakarta Monsignor (Mgr) Ignatius Suharyo begitu mendengar pengangkatan dirinya sebagai kardinal. “Pengumuman di Vatikan siang. Saya bertemu beliau malam. Beliau sempat kaget dan tidak percaya karena secara pribadi beliau baru tahu setelah diumumkan di Vatikan,” ujar Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Romo Adi Prasojo saat dihubungi Jawa Pos kemarin (2/9).

Mgr Ignatius Suharyo menjadi satu di antara 12 kardinal yang diumumkan langsung Pemimpin Tertinggi Katolik Paus Fransiskus pada Minggu (1/9). Setelah melakukan Doa Angelus (Doa Malaikat Tuhan) yang digelar pukul 12.00 waktu Vatikan. Penahbisan secara resmi dilakukan pada 5 Oktober mendatang.



Mengutip Wikipedia, kardinal adalah pejabat senior dalam Gereja Katolik Roma. Berada di bawah paus dan ditunjuk langsung oleh paus sebagai anggota Dewan Kardinal. Tugas para kardinal adalah menghadiri rapat dalam Dewan Suci Gereja Katolik Roma dan siap sedia untuk hadir. Baik secara pribadi maupun bersama-sama kapan pun sri paus membutuhkan nasihat mereka.

Selain itu, ada tugas tambahan lainnya. Namun, fungsi terpenting ialah memilih paus baru bila terjadi kekosongan takhta Keuskupan Roma. Baik karena kematian maupun pengunduran diri paus yang lama.

Mgr Ignatius Suharyo menjadi kardinal ketiga dari Indonesia. Kardinal pertama adalah Justinus Darmojuwono. Dia dilantik pada 1967 di sela pengabdiannya sebagai uskup agung Semarang. Kardinal kedua adalah Julius Darmaatmadja. Julius ditunjuk pada 1994.

Menurut Adi, penunjukan itu merupakan buah kepemimpinan Suharyo selama ini. Salah satunya semangat sang uskup yang selalu menekankan rasa cinta tanah air. Dia tak pernah lelah mendorong jemaatnya untuk senantiasa mengamalkan Pancasila. “Dalam konteks pelayanan, kami sering menyebut beliau Uskup Pancasila,” ungkapnya lantas tertawa.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Cukai Rokok 2020 Naik, Jangan Harap Setoran Nambah  - Gudang Berita Viral Cukai Rokok 2020 Naik, Jangan Harap Setoran Nambah
Kamis, 19 Sep 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Farri Agri Rekrutan Pamungkas Persija  - Gudang Berita Viral Farri Agri Rekrutan Pamungkas Persija
Kamis, 19 Sep 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Persija Wujudkan Impian Agri Main di Indonesia  - Gudang Berita Viral Persija Wujudkan Impian Agri Main di Indonesia
Kamis, 19 Sep 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print