Senin, 23 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 05 Sep 2019, 17:00:02 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Kapolri Sebut Aktor Intelektual di Kerusuhan Papua  - Gudang Berita Viral

INILAH.COM, Jayapura - Kapolri Jenderal Tito Karnavian membeberkan pihak-pihak yang menjadi aktor intelektual dibalik kerusuhan di Papua-Papua Barat. Jenderal Tito menyebut pihak lokal dan asing terlibat dalam insiden tersebut.

Kerusuhan di Papua-Papua Barat dipicu insiden rasisme yang menimpa mahasiswa Papua yang tengah menempuh ilmu di Surabaya dan Malang. Masyarakat Papua ramai-ramai memprotes aksi rasisme tersebut. Aksi demo pun terus digelar yang berujung pada kerusuhan.

Terkait kerusuhan, Kapolri menyebut ULWMPP (United Liberation Movement for West Papua) dan KNPB (Komite National Papua Barat) terlibat dalam kerusuhan tersebut. Sementara sosok Benny Wenda, separatis Papua juga disebut terlibat.



"Saya sudah dapat beberapa data, KNPB main, ULMWPP main, saya tau rangkaiannya kemana, termasuk ke gerakan AMP, teman teman aliansi mahasiswa papua digerakan mereka," jelas Kapolri di RS Bhayangkara Papua, Abepura, Papua, Kamis (5/9/2019).

Kapolri mengatakan bahwa sosok Benny Wenda juga terlibat dalam kerusuhan tersebut. Benny Wenda diduga memanfaatkan momentum kerusuhan di Papua.

"Kita ngerti semua di sini, teman-teman wartawan Papua paham, Benny Wenda main, ya mereka mau ngejar dalam rangka apa? Kejar dalam rangka tanggl 9, itu ada rapat
Komisi HAM Jenewa, jadi mereka sengaja agar bikin rusuh segala macam agar di sana ada suaranya Papua rusuh, tanggal 9 itu. titik," terang Kapolri.

Eks Kadensus 88 Antiteror ini menegaskan akan mengejar para pelaku yang membuat rusuh di Papua. Kapolri tak akan tinggal diam, Papua didesain untuk rusuh.

"Apapaun yang terjadi di Papua itu didesign kelompok di sini, itu akan saya kejar, kita tau nama namanya, dan kita tegakan hukum pada mereka, karena selagi mereka main seperti ini, korbankan masyarakat ke depan berbenturan dan mereka bermain tangan bersih, enggak, kita tau ini akan terus terjadi kalau kita nggak gerak tegas, keras, tegakan hukum dengan cara hukum ke mereka, dicatat itu, teman teman," jelas Kapolri.

"ULMWPP, KNPB, Benny Wenda tanggungjawab atas insiden ini, dan akan saya kejar mereka, mereka juga yang buat produksi hoax hoax itu," lanjut Kapolri. [adc]




Sumber: inilah.com

Tag: News



KPK Tetapkan Tiga Tersangka Baru Kasus Suap Bupati Pakpak Bharat - Gudang Berita Viral KPK Tetapkan Tiga Tersangka Baru Kasus Suap Bupati Pakpak Bharat
Senin, 23 Sep 2019, 22:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Gedung Sekolah Roboh, 7 Siswa Tewas dan Puluhan Lainnya Luka-Luka - Gudang Berita Viral Gedung Sekolah Roboh, 7 Siswa Tewas dan Puluhan Lainnya Luka-Luka
Senin, 23 Sep 2019, 22:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Rusuh di Uncen, Polri: 3 Mahasiswa Tewas Diduga Terkena Peluru Karet - Gudang Berita Viral Rusuh di Uncen, Polri: 3 Mahasiswa Tewas Diduga Terkena Peluru Karet
Senin, 23 Sep 2019, 22:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print