Minggu, 22 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 02 Sep 2019, 12:00:07 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kapolri dan Panglim TNI Sudah Terbang ke Papua - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal mengatakan kondisi di Papua sudah berangsur kondusif. Sisa-sisa kerusuhan sudah mulai dibersihkan dan diperbaiki. Pagi ini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bersama pejabat lainnya juga akan meninjau langsung ke Papua.

“Panglima TNI dan beberapa pejabat utama Mabes TNI-Polri akan berangkat hari ini rencana pukul 06.00 WIB,” ujar Iqbal di kantor Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (2/9).



Kapolri dan Panglima rencananya akan menggelar dialog bersama tokoh-tokoh Papua. Dengan begitu, diharapkan situasi kondusif di Papua bisa dikendalikan dengan baik. Dan tidak ada lagi kerusuhan.

“Tujuannya untuk menjamin keamanan agar situasi kembali sangat kondusif, walau saat ini relatif kondusif. Jadi masyarakat Papua dan Papua Barat bisa melakukan aktivitas seperti sedia kala,” tambah Iqbal.

Aparat keamanan saat melakukan pengamanan di Kota Jayapura, Jumat (30/8). (Efira/ Cendrawasih Pos/ Jawa Pos Group)

Kapolri dan Panglima rencananya akan di Papua selama 4 hari, dengan opsi perpanjangan. Kepulangannya akan bergantung dengan kondisi di tanah mutiara hitam. Sebagai aparat keamanan negara, faktor keamanan warga menjadi prioritas TNI-Polri.

Di sisi lain, Iqbal menegaskan, negara hadir untuk warga Papua. Keamanan mereka menjadi prioritas aparat. “Prinsipnya Indonesia adalah Papua dan Papua adalah Indonesia. Semua masyarakat Papua yang berada di Indonesia kan tidak pernah ada apa-apa, bahkan Papua dibangun luar biasa,” pungkasnya.

Sebelumnya, intimidasi yang dialami mahasiswa Papua di Malang, dan Surabaya, Jawa Timur berbuntut panjang. Senin (19/8) pagi kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Barat dan beberapa titik lain. Sejumlah elemen masyarakat menggelar demontrasi di sejumlah titik. Kontak senjata pun terjadi antara petugas keamanan dengan kelompok perusuh dari Paniai di depan kantor Bupati Deiyai, Rabu (28/8). Akibatnya 1 orang anggota TNI tewas dan 5 aparat lainnya terkena panah.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Jolene Marie Cholock-Rotinsulu Bahas Limbah di Global Landscapes Forum - Gudang Berita Viral Jolene Marie Cholock-Rotinsulu Bahas Limbah di Global Landscapes Forum
Minggu, 22 Sep 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pemkot Surabaya Menang Banding, Maspion Ajukan Kasasi - Gudang Berita Viral Pemkot Surabaya Menang Banding, Maspion Ajukan Kasasi
Minggu, 22 Sep 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Marcus: Bang Ahsan Nggak Fit Saja Bisa Masuk Final - Gudang Berita Viral Marcus: Bang Ahsan Nggak Fit Saja Bisa Masuk Final
Minggu, 22 Sep 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print