Kamis, 14 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 31 Okt 2019, 13:00:09 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Kalteng Pantau Ekspor Rotan Ilegal ke China  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Palangka Raya - Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Bea Cukai menengarai potensi ekspor rotan secara ilegal oleh oknum tak bertanggung jawab.

"Selama ini rotan-rotan yang dikirim melalui kapal jalur dalam negeri, setelah dicek ke pelabuhan tujuan tidak ada. Jadi diduga terjadi pengiriman ke luar dan ilegal," kata Sekretaris Daerah Kalteng, Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Kamis (31/10/2019).

Menurut dia, hal itu mendapat perhatian khusus dari pihaknya bersama Bea Cukai dan instansi terkait lainnya agar bisa diselesaikan, mengingat Kalteng merupakan daerah penghasil rotan dengan skala besar di tanah air. "Sudah seharusnya potensi itu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, guna meningkatkan perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakat," paparnya.



Fahrizal merasa aneh, karena saat ini, ekspor rotan dikuasai China, padahal negeri Tirai Bambu itu bukanlah penghasil rotan. "Jadi kami bekerja sama dengan Bea Cukai, mengoordinasikan seluruh petani rotan yang ada di Kalteng dan kemudian ingin membuat kawasan berikat guna dijadikan pusat jual beli," katanya.

Ketika larangan ekspor rotan mentah dicabut, kata dia, akan diberlakukan pengiriman dengan sistem terbatas. Dalam hal ini, pemprov Kalteng meminta kepada pemerintah pusat bisa menelorkan kebijakan yang pro petani rotan.

Ini penting demi memberikan jaminan harga kepada petani rotan. Pihak Pemprov berupaya untuk memangkas jalur jual beli yang begitu panjang. Agar petani rotan bisa bertemu langsung dengan produsen," paparnya.

Informasi saja, Pemprov Kalteng baru saja melepas pengiriman perdana hasil hutan bukan kayu (HHBK) berupa rotan, berasal dari UPT KPHP Katingan Hulu ke Cirebon, Jawa Barat sebanyak tiga ton dari 50 ton yang disepakati.

Pengiriman rotan perdana berasal dari daerah Katingan, Kalteng. Ke depan, HHBK rotan yang dikirimkan, merupakan hasil dari seluruh daerah yang ada di Kalteng.

Pihaknya juga memastikan pengiriman rotan tak hanya menyasar pasar Cirebon, namun juga daerah lain yang berani membeli dengan harga yang lebih tinggi. Untuk Cirebon, rotan yang dibanderol Rp6 ribu per kilogram. Angka tersebut sudah memberikan keuntungan bagi para petani rotan.

Selain HHBK berupa rotan, pada kesempatan yang sama juga dilepas produk HHBK serbuk biomasa dari KPHL Gerbang Barito ke Banjarbaru sebanyak lima ton dari kebutuhan 10 ton per hari.

Juga dilepas HHBK berupa serat rasau dan kajang dari KPHL Gerbang Barito ke Yogyakarta sebanyak lima ton, dari kebutuhan sebanyak 50 ton per bulannya. [tar]
 




Sumber: inilah.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Kalteng Pantau Ekspor Rotan Ilegal ke China

Tag: News



 Itulah Isa Putra Maryam yang Membela Ibunya!  - Gudang Berita Viral Itulah Isa Putra Maryam yang Membela Ibunya!
Kamis, 14 Nov 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bupati Senang Jokowi Dukung Daerah Berani Inovasi  - Gudang Berita Viral Bupati Senang Jokowi Dukung Daerah Berani Inovasi
Kamis, 14 Nov 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
 PT Totalindo Persada Terbitkan 4 Miliar Saham Baru  - Gudang Berita Viral PT Totalindo Persada Terbitkan 4 Miliar Saham Baru
Kamis, 14 Nov 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print