Senin, 16 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 10 Sep 2019, 16:00:11 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kades Perempuan di Gresik Bertambah - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Sebanyak 264 calon kepala desa (Kades) terpilih kemarin (9/9) resmi dilantik di area parkir kantor Pemkab Gresik. Di hadapan Bupati Sambari Halim Radianto dan jajaran petinggi lain, ratusan Kades itu diambil sumpah di bawah kitab suci.

Ruang pelantikan didesain dengan alas karpet merah. Di sekelilingnya dibalut kain merah-putih. Para Kades tersebut mengenakan seragam resmi. Yakni, sepatu hitam serta atasan dan bawahan putih dengan bertopi. Senyum mereka sering mengembang. Maklum, setelah mengalami ’’ketegangan’’ dalam menghadapi pilkades, kini mereka dilantik.



Sebanyak 13 di antara 264 Kades yang dilantik tersebut adalah perempuan. Sisanya, 251 orang, adalah laki-laki. Makin banyaknya pemimpin perempuan di tingkat pemerintah desa itu terbilang menarik. Sebab, belakangan ada kecenderungan masyarakat yang makin menyukai gaya kepemimpinan perempuan.

Jika menilik jumlah masa tugas, ada 61 orang yang sudah menjabat Kades untuk kali ketiga. Lalu, ada 82 orang yang menduduki kursi Kades periode kedua. Artinya, mereka kembali terpilih. Sementara itu, 121 orang baru kali pertama menjabat Kades.

Dalam sambutannya, bupati mengingatkan Kades untuk makin bekerja keras. Sebab, tugas dan tanggung jawab para Kades ke depan lebih berat. ’’Termasuk memahami peraturan perundang-undangan,’’ ujar doktor lulusan Universitas Airlangga itu.

Sambari juga mengimbau Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Gresik untuk terus membina para Kades. ’’Kalau ada anggarannya, lebih cepat lebih baik untuk dilakukan pembekalan,’’ katanya.

Dia menyatakan, para Kades tidak perlu gelisah terkait anggaran desa. Sebab, bantuan anggaran dari pusat maupun daerah relatif besar. Namun, dia berharap para Kades bisa memilah-milah agar penggunaan anggaran tersebut betul-betul tepat sasaran. Misalnya, untuk program-program yang inovatif dalam menciptakan potensi dan peluang baru demi kemajuan dan keunggulan desa. ’’Banyak yang bisa dilakukan. Gali potensi desa masing-masing. Kalau itu positif, pemkab akan mendukung,’’ tegasnya.

Dalam mengemban jabatan enam tahun ke depan, lanjut dia, para Kades harus memperhatikan empat prinsip. Yakni, transparan, akuntabel, disiplin, tertib administrasi, serta melibatkan masyarakat. ’’Bagaimanapun, Anda semua adalah miniatur pemerintahan di lingkup desa. Kalau desa bagus, kecamatan bagus, kabupaten juga bagus,’’ ucapnya.

Pada saat bersamaan, di halaman Pemkab Gresik, beberapa warga Desa Sukomulyo, Manyar, juga beraksi. Mereka membagikan salinan putusan PTUN kepada pengendara roda dua maupun roda empat. Sebagaimana diketahui, pilkades di Sukomulyo adalah salah satu di antara delapan desa yang masih bermasalah. Dua desa menggugat ke PTUN dan enam lainnya melapor ke pemkab. Saat ini laporan itu dikaji DPMD. Sebab, semua laporan tidak ditujukan kepada bupati, melainkan kepada panitia dan BPD.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



2.338 Dosen Tolak Revisi UU KPK - Gudang Berita Viral 2.338 Dosen Tolak Revisi UU KPK
Senin, 16 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
DPR Bacakan Capim KPK Terpilih dan Pansus Pemindahan Ibu Kota - Gudang Berita Viral DPR Bacakan Capim KPK Terpilih dan Pansus Pemindahan Ibu Kota
Senin, 16 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
KPK Lantik Sekjen dan Direktur Penuntutan Baru - Gudang Berita Viral KPK Lantik Sekjen dan Direktur Penuntutan Baru
Senin, 16 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print