Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 10 Agu 2019, 15:00:08 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jual Hewan Kurban di Trotoar, Anies: Wali Kota Saya Beri Diskresi - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pedagang hewan kurban terlihat masih banyak berjualan di atas trotoar jalan. Seperti yang terjadi di Jalan KS Tubun, Jakarta Barat maupun Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat. Padahal kegiatan berjualan di atas trotoar sebelumnya sudah dilarang.

Menanggapi itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pemprov memang memberikan diskresi atau memberi kebebasan mengambil keputusan kepada wali kota guna mengatur lokasi berjualan hewan kurban. Termasuk apabila ada pedagang yang berjualan di trotoar.



“Saya berikan diskresi kepada wali kota untuk mengatur pelaksanaan di sesuai situasi lapangan,” ujar Anies di Balaikota Jakarta, Jumat (9/8).

Berjualan hewan kurban sendiri sebetulnya dilarang di atas trotoar. Hal itu sudah termuat dalam Instruksi Gubernur Nomor 46 Tahun 2019 tentang pengendalian dan penampungan hewan kurban 1440 hijriah. Dalam regulasi itu sudah ditegaskan Satpol PP bisa mengambil langkah penertiban bagi penjual nakal.

“Secara prinsip dilarang berjualan di trotoar. Hanya saja trotoar di Jakarta nggak sama di semua tempat. Ada yang lebarnya 1,5 meter ada yang lebarnya 5 meter,” ucap Anies.

Oleh karena itu, dengan diskresi ini, Anies berharap wali kota bisa melakukan pengaturan yang baik terhadap lokasi penjualan hewan kurban. Jika memang terpaksa tidak ada tempat lain selain trotoar, maka lapak pedagang bisa diberi keterangan sebagai tanda perizinan.

Sebelumnya, Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin mengatakan akan menjalankan Ingub yang dikeluarkan Anies. Tindakan penertiban akan dilakukan bagi pedagang nakal.

“Tetap peringatan-peringatan seperti standar operasional prosedurnya, seperti peringatan 1, 2, 3, selalu seperti itu,” kata Arifin.

Sementara itu, di Jalan KH Mas Mansyur memang hasil koordinasi dengan pihak Walikota diputuskan pedagang boleh menjual dagangannya di atas trotoar sampai menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Tapi spot-spot sudah ditentukan. Artinya bukan sepanjang jalan itu boleh,” tukas Arifin.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Lewat Petisi, Beberapa Nama Capim KPK Diminta untuk Dicoret - Gudang Berita Viral Lewat Petisi, Beberapa Nama Capim KPK Diminta untuk Dicoret
Minggu, 25 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Penyair, Pensyair, dan Lapis Wacana dalam Kata - Gudang Berita Viral Penyair, Pensyair, dan Lapis Wacana dalam Kata
Minggu, 25 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Persela vs Tira Persikabo: Tuan Rumah Ambisi Putus Tren Negatif - Gudang Berita Viral Persela vs Tira Persikabo: Tuan Rumah Ambisi Putus Tren Negatif
Minggu, 25 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print