Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 04 Agu 2019, 21:00:02 WIB, 16 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Jokowi Imbau Masyarakat Tetap Waspadai Gempa  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan semua masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana alam gempa bumi, karena semua itu ada potensi dan tidak bisa diperkirakan terutama waktunya.
 
"Yang namanya itu (gempa) tidak bisa dihitung dan diperkirakan terutama waktunya," kata Jokowi, Minggu (4/8/2019).
 
Oleh sebab itu, Jokowi memerintahkan kepada BNPB dan Menteri Koordinator untuk mempersiapkan masyarakat terutama proses evaluasi dan pemerintah harus sudah melakukan dari sekarang seperti memberikan edukasi di sekolah-sekolah dan sebagainya.
 
"Kemarin waktu di Banten itu kita melihat sebuah lompatan perbaikan yang baik, proses evaluasi itu. Bahwa kepanikan itu ada, iya. Namanya gempa dimana pun menyebabkan masyarakat panik," ujarnya.
 
Akan tetapi, kata dia, yang penting pemerintah terus melakukan edukasi mengenai kebencanaan terutama masalah gempa bumi yang sulit diprediksi, sulit dihitung sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan.
 
"Kita harus selalu waspada," tandasnya.
 
Untuk diketahui, Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Eko Yulianto mengatakan gempa dengan magnitudo 9,0 yang terjadi sekitar 400 tahun lalu di selatan Jawa berpotensi berulang. Namun, belum diketahui pasti kapan waktunya akan terjadi.
 
"Gempa raksasa itu skalanya sembilan atau lebih besar. Dan itu pernah terjadi di selatan Jawa. Sudah dapat dipastikan akan terjadi lagi meski tidak tahu waktunya kapan," kata Eko.
 
Menurut dia, penelitian menemukan bukti bahwa ada potensi tsunami raksasa di selatan Jawa.
 
"Karena tsunami raksasanya ada, berarti gempa raksasanya juga ada. Yang kami temukan sekitar 400 tahun lalu, yang kemudian ketika kami cross check dengan data sejarah, kami menduga bahwa kejadian itu sekitar tahun 1584 atau 1586 yang kemudian terkait dengan lahirnya mitos atau legenda Ratu Laut Selatan Nyi Roro Kidul itu," ujarnya.
 
Eko mengatakan menjadi suatu keniscayaan gempa dengan magnitudo 9,0 itu bakal berulang. Menurut dia, pada umumnya gempa dengan magnitudo sekitar 7,4 memiliki waktu perulangan 30-50 tahun.
 
"Gempa itu kan siklus pengumpulan energi, dan kemudian dilepaskan dan selalu berulang seperti itu. Semakin besar energi yang dilepaskan maka semakin lama waktu yang diperlukan. Semakin kecil gempa dia pengulangannya makin pendek yang artinya makin sering terjadi," katanya.[ris]



Sumber: inilah.com

Tag: News



Tahapan Pilkada Serentak 2020 Dimulai September 2019 - Gudang Berita Viral Tahapan Pilkada Serentak 2020 Dimulai September 2019
Kamis, 22 Agu 2019, 10:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Wanita tak Sulit Meraih Surga Jika Empat Hal Ini  - Gudang Berita Viral Wanita tak Sulit Meraih Surga Jika Empat Hal Ini
Kamis, 22 Agu 2019, 10:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 KSP Dukung Pembangunan PLTA Sungai Kayan Kaltara  - Gudang Berita Viral KSP Dukung Pembangunan PLTA Sungai Kayan Kaltara
Kamis, 22 Agu 2019, 10:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print