Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 02 Agu 2019, 06:00:06 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jokowi Dorong DKI Kembangkan Mobil Listrik, Pemprov Fokus Uji Coba - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan belum menerima draft Peraturan Presiden (Perpres) tentang kendaraan berbasis listrik. Itu sebabnya sampai sekarang aturan tersebut belum juga diterbitkan. “Belum sampai di meja saya. Kalau sudah sampai di meja saya, saya tandatangani pasti,” ujar Jokowi di stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis (1/8).

Meski begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berharap agar pengembangan mobil listrik bisa segera dimulai. Dengan demikian, infrastruktur pendukungnya pun bisa segera dibangun.



Jokowi menilai pada zaman seperti sekarang, negara-negara maju mengembangkan teknologinya ke arah industri kendaraan listrik. Sehingga, Indonesia juga harus mampu bersaing dalam hal itu.

“Saya kira ke depan semua negara mengarah ke sana semuanya. Enggak polusi, penggunaan bahan bakar nonfosil,” jelasnya.

Pengembangan mobil listrik juga penting dilakukan mengingat polusi di DKI Jakarta angkanya tinggi. Oleh karena itu Jokowi akan berkomunikasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menbahas setidaknya transportasi umum atau sepeda motor dialihkan ke kendaraan listrik.

“Apakah lewat elektronik road pricing yang segera dimulai, sehingga orang mau tidak mau harus masuk ke trasportasi umum massal,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pemprov sudah mulai melakukan langkah pengembangan mobil listrik. Ada 3 bus Transjakarta yang saat ini tengah dalam tahap uji coba.

“Untuk itu kami sedang uji coba, ada tiga unit diuji coba oleh Transjakarta. Ada tipe besar, medium, dan sedang. Kembali lagi bahwa untuk dioperasikan masif ya kita harus lihat kondisi Jakarta,” ungkap Syafrin.

Uji coba ini meliputi kemampuan bus untuk menempuh perjalanan 200 kilometer per hari, ketahanan operasi bus, hingga sistem pengisian daya. Dari sisi teknologi pendukung harus betul-betul bisa menopang operasi bus listrik.

Hal itu ditujukan untuk mencegah bus mogok di tengah jalan karena kehabisan daya. Waktu pengisian daya juga harus diukur efektivitasnya, supaya tidak menghambat layanan kepada masyarakat.

“Ini yang tidak diharapkan gubernur, kita menggunakan teknologi ramah lingkungan tetapi mengabaikan layanan untuk masyarakat,” lanjutnya.

Dishub sendiri mencatat sampai saat ini ada 25 taksi listrik yang dioperasikan oleh perusahaan taksi konvensional. Operasional mereka sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas. Sertifikat uji tipe sudah dikantongi. Sertifikat uji tipe ini yang saat ini sedang diupayakan pula untuk bus listrik Transjakarta.

“Untuk bus sedang kita upayakan agar bisa keluar uji tipenya. Listrik pada mobil biasa lebih advance dibandingkan bus,” pungkas Syafrin.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta - Gudang Berita Viral Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ada Jogja dalam Srimenanti - Gudang Berita Viral Ada Jogja dalam Srimenanti
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia - Gudang Berita Viral Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print