Minggu, 22 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 03 Sep 2019, 18:00:01 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Jokowi Diharap Teliti Rekam Jejak Capim KPK  - Gudang Berita Viral

INILAH.COM, Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) telah mengumumkan dan menyerahkan sepuluh nama Capim KPK kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terkait nama-nama yang kini sudah di tangan Jokowi, akademisi dan praktisi hukum Dr. Hendra Karianga, SH, MH menyebut bahwa Jokowi harus melakukan penelitian dengan sungguh terhadap rekam jejak para Capim KPK. Mengenai latar belakang, prestasi, pengetahuan tentang hukum dan lain-lain.

"Harapan saya presiden Jokowi meneliti dengan sungguh-sungguh rekam jejaknya, integritasnya, kemudian dia itu bukan titipan seperti partai politik dan dia juga bukan dibesarkan partai politik, dan juga dia harus memiliki pengetahuan hukum yang luas," kata Hendra dalam wawancara kepada awak media, di Jakarta.



Menurut Guru Besar Universitas Khairun Ternate dan Universitas Sam Ratulangi Manado ini, tugas KPK kedepan akan semakin berat. Terlebih masih banyak kasus besar yang tidak tuntas ditangani oleh lembaga anti rasuah tersebut. KPK harus menjunjung tinggi integritas dan tidak tebang pilih dalam menangani perkara korupsi.

"KPK kedepan ini memiliki pekerjaan rumah yang berat, bukan hanya BLBI yang belum selesai, tapi banyak kasus-kasus korupsi daerah itu yang tidak di follow up. Seperti misalnya kasus korupsi pendidikan, contohnya di Universitas Sam Ratulangi Manado yang sampai sekarang tidak ada kelanjutannya," terang Hendra.

Bahkan, lanjut Hendra, seharusnya Capim KPK meminta pendapat dan masukan dari masyarakat dari setiap daerah bukan hanya berfokus di Jakarta saja.

"Seharusnya Capim KPK keliling ke daerah-daerah meminta masukan dari daerah, siapa tahu ada akademisi atau hakim dari daerah yang punya integritas dan rekam jejak yang bagus dan layak. Bukan di Jakarta saja," ujarnya.

Sebelumnya, Capim KPK telah menyerahkan 10 nama Capim KPK yang berasal dari unsur Polri, Kejaksaan, auditur, hakim hingga akademisi.

"Saya kira memang ini eranya keterbukaan. Jadi saya juga minta agar masukan-masukan baik dari masyarakat, dari tokoh-tokoh yang telah memberi masukan juga itu bisa dijadikan catatan-catatan dalam rangka mengkoreksi apa yang telah dikerjakan oleh Pansel," kata Jokowi di Jakarta, Senin (2/9/2019). [adc]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Geliat Penyelamatan Bumi, Puluhan Kota Terancam Hilang - Gudang Berita Viral Geliat Penyelamatan Bumi, Puluhan Kota Terancam Hilang
Minggu, 22 Sep 2019, 14:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Layani Umrah dan Haji, Flynas Kini Terbang dari Bandara Soekarno-Hatta - Gudang Berita Viral Layani Umrah dan Haji, Flynas Kini Terbang dari Bandara Soekarno-Hatta
Minggu, 22 Sep 2019, 14:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Taneyan Lanjang - Gudang Berita Viral Taneyan Lanjang
Minggu, 22 Sep 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print