Senin, 18 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 29 Okt 2019, 23:00:03 WIB, 7 View Tim Redaksi, Kategori : News
 JK Sebut Konflik Muncul Karena Rasa Ketidakadilan  - Gudang Berita Viral

INILAH.COM, Jakarta - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menyebutkan dalam menjaga persatuan di Indonesia harus diselaraskan dengan kemajuan dan keadilan. Jika tidak adil dan maju, kata JK, maka akan timbul konflik.

Hal tersebut disampaikan JK di acara Diskusi Satu Nusantara di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019). Diskusi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda itu diinisiasi oleh ikatan alumni SMA Taruna Nusantara dengan mengangkat tema "Memupuk Rasa Persatuan dan Toleransi terhadap Perbedaan".

JK menyebutkan selama 70 tahun terjadi sekitar 15 konflik besar yang terjadi di Indonesia kebanyakan ditenggarai perasaan tidak adil.



"Dalam sejarah Indonesia, selama 70 tahun lebih ada 15 kali konflik besar di Indonesia, yang saya maksud konflik besar ialah konflik yang menyebabkan korban jiwa lebih dari seribu orang," kata JK.

"Mulai dari pada Madiun, pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS), DI/TII, Permesta, Poso, Ambon, Aceh, G30S, dan sebagainya. Semua konflik-konflik yang hampir semua itu ada perasaan tidak adil, 10 dari 15 itu adalah ketidakadilan," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia mencontohkan di Indonesia bagian Timur orang-orang banyak yang merasa kekayaan alam dipindahkan ke pusat pemerintahan. Kemudian, di Aceh karena merasa sumber daya alamnya banyak tapi tak mendapat bagian.

"Jadi apabila kita ingin menjaga persatuan itu ialah menjaga keadilannya dan maju," ujar JK. [adc]




Sumber: inilah.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, JK Sebut Konflik Muncul Karena Rasa Ketidakadilan

Tag: News



Suara DPD I dan II Jadi Penentu ‘Perang’ di Munas Golkar - Gudang Berita Viral Suara DPD I dan II Jadi Penentu ‘Perang’ di Munas Golkar
Senin, 18 Nov 2019, 13:00:35 WIB, Dibaca : 0 Kali
Putra Menkumham Yasonna Laoly Penuhi Panggilan KPK - Gudang Berita Viral Putra Menkumham Yasonna Laoly Penuhi Panggilan KPK
Senin, 18 Nov 2019, 13:00:35 WIB, Dibaca : 0 Kali
KPK Periksa Politikus PDIP Waras Wasisto Terkait Kasus Meikarta - Gudang Berita Viral KPK Periksa Politikus PDIP Waras Wasisto Terkait Kasus Meikarta
Senin, 18 Nov 2019, 13:00:35 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print