Jumat, 23 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 08 Agu 2019, 13:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jika Tidak 15 Jam, BPTJ Sebut Perluasan Ganjil Genap Sisakan Celah - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Penerapan perluasan sistem ganjil genap (gage) dianggap masih menyisakan celah yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menilai penerapan gage paling efektif untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara apabila dilakukan 15 jam seperti saat Asian Games 2018.

“Kalau dulu kan ganjil-genapnya seharian tuh, 15 jam. Penekanannya cukup signifikan, karena orang akhirnya cenderung memakirkan kendaraannya di garasi. Dia enggak ada alternatif lagi menggunakan kendaraan pribadi,” kata Bambang saat dihubungi, Kamis (8/8).



Dengan sistem perluasan gage saat ini, masyarakat masih bisa mencari celah untuk menggunakan kendaraannya. Karena pada pukul 10.00 – 16.00 atau di atas pukul 21.00 kendaraan bebas beroperasi. “Nah, sepengalaman kita, sempat coba pagi dan sore, mobil masih bisa keluar dari garasi, karena mereka masih ada celah,” imbuhnya.

Bambang menuturkan, BPTJ dalam forum group discussion (FGD) bersama Dinas Perhubungan DKI, dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, sudah mengusulkan gage 15 jam diterapkan kembali. Sistem ini dianggap sudah berdampak cukup besar dalam menekan operasional kendaraan pribadi. “Bahkan kita berhasil menekan sampai angka 20 persen dari koridor ganjil-genap kemarin, bukan jumlah sedikit,” jelasnya.

Di sisi lain, Bambang akan tetap mendukung kebijakan yang dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta. Dia menilai Pemprov memiliki pertimbangan lain untuk tidak menerapkan gage 15 jam, tapi hanya menambah durasi gage 1 jam saat sore hari.

“Pemprov juga perlu melihat aspek lainnya, aspek ekonomi, sosial, kepentingan stakeholder, dia lihat itu. Makanya kemarin dibawa ke FGD kan, hasil FGD ini lah diformulasikan oleh Pemprov seperti ini. Jadi ganjil genap pagi dan sore, tapi diperluas,” pungkasnya.

Ilustrasi perluasan ganjil genap. (Koko Praba/ gudangberitaviral.com)

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Ditlantas) memutuskan melakukan perluasan ganjil genap (gage) terhadap 16 ruas jalan di Ibukota yang dibagi dalam 4 koridor. Total ruas jalan yang kenakan gage adalah 25, mengingat sebelumnya sudah ada 9 ruas jalan yang diterapkan. Hal ini seiring degan diterbitkannya Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang pengendalian kualitas udara di Jakarta.

Perluasan gage ini meliputi, Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Majapahit, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai dengan simpang Jalan TB Simatupang).

Selanjutnya, Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan, Jalan Kiai Caringin, Jalan Tomang Raya, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya, Jalan Senen Raya, dan Jalan Gunung Sahari (sampai simpang Jalan RE Martadinata).

Sementara itu, untuk waktu pelaksanaan tetap diberlakukan 2 waktu. Yakni pagi pukul 06.00-10.00. Sedangkan untuk yang sore ditambah durasinya dari pukul 16.00-21.00. Lebih lama 1 jam dari sebelumnya.

Pemprov DKI juga menghapus kebijakan pengecualian terhadap on off ramp tol. Jika sebelumnya kendaraan dari luar area gage yang hendak masuk jalan tol atau dari jalan tol yang keluar ke jalan arteri gage mendapat pengecualian, kali ini aturan itu tidak berlaku.

Kebijakan perluasan gage ini akan disosialisasikan kepada warga mulai hari ini sampai 8 September mendatang. Sedangkan untuk uji coba pelaksanaannya mulai 12 Agustus hingga 6 September. Memasuki 9 September sudah diberlakukan penindakan bagi yang melanggar.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Ronaldo: Saya Hampir ke Arsenal, tapi Dibajak MU  - Gudang Berita Viral Ronaldo: Saya Hampir ke Arsenal, tapi Dibajak MU
Jumat, 23 Agu 2019, 04:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Madrid Berusaha Telikung Barca Dapatkan Neymar  - Gudang Berita Viral Madrid Berusaha Telikung Barca Dapatkan Neymar
Jumat, 23 Agu 2019, 04:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Crolander, Produk Keyboard PC dari Kayu  - Gudang Berita Viral Crolander, Produk Keyboard PC dari Kayu
Jumat, 23 Agu 2019, 04:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print