Minggu, 20 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 06 Okt 2019, 20:00:08 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jika Tak Terbitkan Perppu KPK, Kasus-kasus Lama Terancam Berguguran - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Desakan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin menguat. Karena Undang-undang KPK hasil revisi dinilai melemahkan kinerja pemberantasan korupsi.

Terlebih dalam UU KPK hasil revisi, Pasal 70 huruf c terkait kewenangan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3). Nantinya disinyalir kasus-kasus yang lama penanganan perkaranya akan berguguran.



“Misalnya perkara yang sprindiknya dimulai pada 2016, seperti kasus Pelindo II dengan tersangka RJ Lino, itu kan dia ditetapkan sebagai tersangka di bawah tahun 2017 dan ini akan membuat penanganan perkara menjadi berhenti,” kata peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana di kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Jakarta Pusat, Minggu (6/10).

Padahal, lanjut Kurnia, untuk menguji suatu perkara dapat dilakukan proses praperadilan. Terlebih, putusan praperadilan menolak dan kasus RJ Lino tetap bisa dilanjut oleh KPK.

“Praperadilan itu juga ditolak, ini kan persoalannya setiap perkara mempunyai domain kesulitan berbeda, kalau kita bicara OTT, dengan penyadapan itu perkara yang sangat mudah dibuktikan di persidangan,” terang Kurnia.

Oleh karenanya, untuk menolak revisi UU KPK, Presiden Jokowi perlu segera menerbitkan Perppu KPK. Hal ini terbukti KPK sangat dilemahkan dengan UU KPK hasil revisi.

“Karena Perppu itu diatur di dalam UUD dan hak prerogatif Presiden,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Inspirasi Pakaian Hitam Putih dari Kate Middleton saat di Pakistan - Gudang Berita Viral Inspirasi Pakaian Hitam Putih dari Kate Middleton saat di Pakistan
Minggu, 20 Okt 2019, 12:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Umuh Mundur dari Calon Exco, Pilih Dukung Tommy Apriantono - Gudang Berita Viral Umuh Mundur dari Calon Exco, Pilih Dukung Tommy Apriantono
Minggu, 20 Okt 2019, 12:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kirim Karangan Bunga, AHY Ucapkan Selamat dan Sukses Untuk Ma’ruf Amin - Gudang Berita Viral Kirim Karangan Bunga, AHY Ucapkan Selamat dan Sukses Untuk Ma’ruf Amin
Minggu, 20 Okt 2019, 12:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print