Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 06 Agu 2019, 07:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jika Aturannya Diterbitkan, Polisi Siap Dukung Gage untuk Motor - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerbitkan Intruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang pengendalian kualitas udara. Salah satu poinnya yakni dengan perluasan ganjil genap (gage). Sejauh ini penerapan gage juga tengah dilakukan kajian untuk diterapkan pada sepeda motor.

Menanggapi itu, Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan, pihaknya akan mendukung gage apabila diterapkan pada sepeda motor. Namun, memang sampai saat ini belum ada aturan resmi untuk itu.



“Kalau misal peraturan sudah ada kita bisa mendukung penuh 100 persen, karena itu menjadi tugas pokok kita. Tapi, kalau peraturan ini belum ada, yang mau kita dukung siapa,” kata Nasir di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (5/8).

Nasir mengatakan, pihaknya telah berdiskusi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait penerapan ganjil genap bagi kendaraan roda dua. Pada diskusi itu juga mengundang komunitas.

Meski begitu, belum ada keputusan tetap yang dihasilkan. Banyak usulan yang masuk dari sejumlah pihak termasuk LSM. Sehingga memang perlu kajian secara matang sebelum diputuskan untuk dilaksanakan.

“Polisi tidak melakukan sosialisasi kalau undang-undang belum ada. Kecuali, peraturan gubernurnya sudah ada kita bisa lakukan sosialisasi,” tambah Nasir.

Di sisi lain, wacana sepeda motor dikenakan gage tak lepas atas pertimbangan tingginya volume kendaraan. Dari data kepolisian setiap hari rata-rata sepeda motor 72 persen menguasai jumlah kendaraan di jalan raya, sedangkan mobil hanya 28 persennya.

“Jadinya, sepeda motor meningkat. Tapi, kita tidak bisa membatasi jumlah motor yang dimiliki warga karena tidak ada larangan warga negara memiliki harta benda yang diinginkan,” pungkas Nasir.

Kondisi ini bertolak belakang dengan tujuan gage diterapkan. Yakni guna mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, dan beralih ke angkutan umum.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Ketika Aliando Syarief Bicara Soal Gaya Rambutnya yang Seperti Dono - Gudang Berita Viral Ketika Aliando Syarief Bicara Soal Gaya Rambutnya yang Seperti Dono
Kamis, 22 Agu 2019, 11:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ibu Kota Baru Berkonsep Kota Pancasila - Gudang Berita Viral Ibu Kota Baru Berkonsep Kota Pancasila
Kamis, 22 Agu 2019, 11:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
DPD Sambut Positif Rencana Penggabungan DKI Jakarta dan Bogor - Gudang Berita Viral DPD Sambut Positif Rencana Penggabungan DKI Jakarta dan Bogor
Kamis, 22 Agu 2019, 11:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print