Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 01 Agu 2019, 17:00:08 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jelang Puncak Armuzna, Petugas Menerima Pemantapan Manasik Haji - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Puncak ibadah haji, kegiatan di Arafah, Mudzalifah, dan Mina (Armuzna) semakin dekat. Sejumlah petugas haji di kantor daerah kerja (daker) Makkah mendapatkan materi pemantapan manasik haji Kamis (1/8) pagi waktu Arab Saudi.

Pemantapan materi fikih haji itu disampaikan oleh Ahmad Kartono. Dia merupakan salah satu konsultan ibadah yang bertugas di Daker Makkah. Sejumlah petugas mengikuti pemantapan sambil lesehan setelah pelaksanaan apel pagi. Dalam pemantapan itu sejumlah personel petugas haji juga menanyakan beberapa persoalan terkait pelaksanakan ibadah haji.



Kartono menuturkan pemantapan manasik bagi petugas dilakukan dalam rangka penyamaan persepsi. Dia tidak ingin di antara petugas haji, ada persepsi yang berbeda-beda terkait manasik haji. Apalagi perbedaan persepsi itu malah terjadi saat berada di Arafah, Mudzalifah, atau Mina.

Dia menegaskan, pelaksanaan manasik haji bagi petugas berbeda dengan jamaah. Sebab petugas terkait dengan beban kerjanya sebagai petugas. “Ada ketentuan hukum yang memberikan ruang keringanan atau rukhsah bagi petugas. Untuk itu perlu dilakukan pemantapan manasik bagi petugas,” jelasnya.

Menteri Agama selaku Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin melaksanakan rangkaian umrah wajib di Masjidilharam Kamis (1/8) dini hari. (Bahauddin/Media Centeri Haji)

Kartono menuturkan, dengan adanya keringanan atau rukhsah bagi petugas, maka tidak mengganggu ritme beban kerjanya. Contoh keringanan atau rukhsah paling besar adalah petugas haji tidak wajib mengikuti mabit atau bermalam di Mudzalifah maupun Mina. “Tetapi melontar jumrahnya tetap wajib,” jelasnya.

Contoh lainnya, petugas haji bisa tidak menggunakan kain ihram saat pelaksanaan wukuf di Arafah. Namun mereka dikenai sanksi dengan tiga pilihan hukuman. Yaitu, menyembelih kambing, memberi makan enam orang miskin, atau puasa tiga hari.

Sementara itu Kamis dini hari, Menteri Agama (Menag) yang juga Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin tiba di Makkah. Dia bersama rombongan Amirul Hajj lainnya langsung melaksanakan umrah wajib.

Meskipun kondisi di Masjidilharam cenderung padat, proses tawaf dan sai berjalan lancar. Dia mengingatkan kepada jamaah supaya menjaga stamina dan kesehatan. Supaya nanti saat pelaksanaan puncak haji di Armuzna bisa menjalankan rangkaian ibadah dengan maksimal.

Lukman tiba di Saudi Selasa (30/7) sore. Selanjutnya dia langsung meluncur ke Madinah. Dia sempat melihat kondisi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Selaku Naib atau wakil Amirul Hajj adalah A. Bunyamin Ruhiyat dari PBNU dan M. Busyro Muqaddas dari Muhammadiyah.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Konstitusi Bisa Saja Mengikuti Perkembangan Zaman - Gudang Berita Viral Konstitusi Bisa Saja Mengikuti Perkembangan Zaman
Minggu, 18 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Mengenang Penulis Cerita Silat Legendaris Asmaraman Kho Ping Hoo (2) - Gudang Berita Viral Mengenang Penulis Cerita Silat Legendaris Asmaraman Kho Ping Hoo (2)
Minggu, 18 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 #PilihXPANDERPinterBener Sambangi Yogyakarta  - Gudang Berita Viral #PilihXPANDERPinterBener Sambangi Yogyakarta
Minggu, 18 Agu 2019, 16:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print