Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 07 Sep 2019, 15:00:16 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jelang Musim Hujan, Pemprov DKI Keruk Waduk dan Buat Serapan Sungai - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mulai bersiap menyambut musim penghujan datang. Guna mencegah banjir maupun genangan air di jalan raya, pemrpov sudah menyiapkan langkah-langkah strategis. Di tingkat Dinas, sudah mulai diintruksikan untuk menguras waduk-waduk dan sungai yang ada.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini mengatakan, setelah musim kemarau yang panjang, debit air di waduk maupun sungai sudah turum drastis. Sehingga lumpur-lumpur dibawahnya bisa lebih mudah dikeruk. Sedangkan di tingkat Suku Dinas (Sudin), Juaini juga telah mendapat laporan saluran mikro di perkampungan sudah mulai dibersihkan.



“Diharapkan nanti musim hujan saluran kita sudah bersih dari lumpur-lumpur,” ujar Juanisi di wilayah Jakarta Selatan, Sabtu (7/9).

Selain itu, Juaini menyebut kondisi pompa penyedot air sudah mulai dicek kondisinya. Apabila ditemukan ada kerusakan, maka akam segera diperbaiki. “Kondisi pompa juga sudah kita instruksikan untuk pompa rusak kita suruh perbaiki supaya nanti musim hujan datang sudah siap,” jelasnya.

Lebih lanjut, Juaini mengatakan, jajarannya juga akan membangun resapan di pinggiran sungai. Dengan demikian, air tidak langsung dikirim ke laut. Berbeda seperti sekarang yang selalu difokuskan pengiriman air dari hilir ke hulu.

“Nanti di pinggir bantaran sungai itu kita bikin kayak tanggul, nggak beton murni, jadi ada semacam daerah resapan tapi dibikin alami, pohon-pohon timbul di situ,” imbuhnya.

Untuk naturaliasi sungai dan waduk ini, Dinas SDA sudah menganggarkan dana berkisar Rp 300 miliar sampai Rp 400 miliar di tahun ini. Dengan uang besar itu, diharapkan program bisa berjalan lancar.

Sementara itu, terkait genangan air di jalan raya, Juaini tidak memungkiri karena turut terpengaruhi oleh banyaknya pembangunan di Jakarta. Sehingga membuat saluran air terjepit oleh proyek. Sebagai solusi harus dicari alternatif lokasi saluran baru.

“Kalau nggak bikin crossing, supaya saluran itu nggak mampet di situ. Mungkin kalau diperlukan pompa seperti di Cawang nanti ada penambahan pompa mobil di lokasi genangan,” sambung Juaini.

Di sisi lain, Dinas SDA menilai genangan air di jalan raya dipengaruhi juga oleh tingginya debit air hujan. Secara tidak langsung maka akan berpengaruh kepada lama atau cepatnya air surut. “Kalau debitnya tinggi ya surutnya air agak lama,” pungkan Juaini. Meski begitu Dinas SDA akan berupaya semaksimal mungkin melakukan pengeringan genangan air secepat mungkin.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Makanan Tinggi Lemak Picu Reaksi Radang Berbeda pada Tiap Orang - Gudang Berita Viral Makanan Tinggi Lemak Picu Reaksi Radang Berbeda pada Tiap Orang
Rabu, 18 Sep 2019, 12:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Hanya Tiga Kali Rapat Langsung Sah, Formappi: Mereka Seperti Kesetanan - Gudang Berita Viral Hanya Tiga Kali Rapat Langsung Sah, Formappi: Mereka Seperti Kesetanan
Rabu, 18 Sep 2019, 12:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Wakil Ketua KPK Laode Minta Menkumham Yasonna Laoly Jangan Bohong - Gudang Berita Viral Wakil Ketua KPK Laode Minta Menkumham Yasonna Laoly Jangan Bohong
Rabu, 18 Sep 2019, 12:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print