Sabtu, 19 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 01 Okt 2019, 13:00:11 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Janji Satu Negara Dua Sistem - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – ”Persatuan adalah sumber kekuatan”. Penggalan pidato itu disampaikan Presiden Xi Jinping Senin (30/9) dalam acara resepsi menjelang peringatan 70 tahun berdirinya negara Tiongkok. Pemimpin 66 tahun tersebut ingin merangkul semua teritorial yang dianggap masuk kedaulatan Negeri Panda itu. Termasuk, antara lain, Hongkong, Makau, dan Taiwan.

”Negara akan setia dan sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip satu negara dua sistem dan otonomi yang luas,” tegas Xi seperti dikutip Agence France Presse.



Pernyataan tersebut seakan menjawab tuntutan penduduk Hongkong yang sedang menggelar aksi besar-besaran. Hongkongers –sebutan untuk penduduk Hongkong– mulai ingin melepaskan diri karena cengkeraman pemerintah pusat yang menguat. Massa bahkan berencana untuk demo besar-besaran di hari H peringatan 70 tahun berdirinya Tiongkok.

Hongkong dan Makau mengadopsi prinsip satu negara dua sistem. Artinya, mereka tetap bagian dari Tiongkok, tapi memiliki sistem pemerintahan dan perekonomian sendiri. Dua wilayah tersebut punya otonomi yang lebih besar bila dibandingkan dengan daerah lain di Tiongkok. Di antaranya, kebebasan berbicara dan berekspresi. Itu adalah hal yang tidak ada di Beijing.

Pemerintah Tiongkok tak ingin ada satu masalah pun yang bisa menodai perayaan hari ini. Acara peringatan tersebut diposisikan sebagai perayaan pertumbuhan ekonomi Tiongkok selama tujuh dekade terakhir. Selain itu, menekankan pentingnya nasionalisme dan persatuan semua wilayah.

Xi yakin Hongkong akan makmur dan maju bersamaan dengan pemerintah pusat. Itu bisa terjadi dengan dukungan negara dan upaya bersama orang-orang di Hongkong dan Makau yang mencintai negaranya. Xi juga menyinggung keinginannya untuk kembali menyatukan Taiwan dan Tiongkok.

”Reunifikasi sepenuhnya ibu pertiwi adalah jalan yang tak bisa dihindari. Tak ada seorang atau kekuatan mana pun yang bisa menghentikannya,” ujar Xi.

Xi tak ingin ada gangguan sama sekali dalam perayaan kali ini. Udara Beijing dibersihkan sejak jauh hari. Pabrik-pabrik yang memakai batu bara dilarang beroperasi lebih dulu. Jadwal operasi yang tidak mendesak diundur. Spanduk dan papan propaganda berisi pesan patriotik dipasang di mana-mana.

Polisi juga berjaga sangat ketat di berbagai titik. Termasuk stasiun kereta api. Arus lalu lintas di jalan dekat Tiananmen Square juga diatur dengan ketat. Di lokasi itulah parade militer besar-besaran akan digelar.

Dilansir The Guardian, aktivis HAM juga diawasi dengan ketat. Sebagian dibawa pergi ke luar Beijing agar tak menggelar aksi turun ke jalan atau berbicara dengan media asing. Dua di antaranya adalah aktivis Hu Jia dan jurnalis Gao Yu. Mereka diminta keluar dari ibu kota untuk sementara waktu. Rumah Ding Zilin juga dijaga dengan ketat. Dia adalah pendiri kelompok ibu-ibu yang anaknya tewas oleh militer pada 1989. Anggota lainnya mengalami perlakuan serupa.

Sementara itu, di Hongkong pemerintah setempat berusaha sekuat tenaga agar demo hari ini tidak terjadi. Mereka menangkapi para aktivis senior yang dirasa bisa menggerakkan massa.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Lindungi Buruh Migran, Menlu Retno: Saya Berdiri Paling Depan - Gudang Berita Viral Lindungi Buruh Migran, Menlu Retno: Saya Berdiri Paling Depan
Sabtu, 19 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tampil Cetar Pakai Bulu Mata Palsu Saat Pernikahan, Simak 5 Langkahnya - Gudang Berita Viral Tampil Cetar Pakai Bulu Mata Palsu Saat Pernikahan, Simak 5 Langkahnya
Sabtu, 19 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pesan Wapres Jelang Purnatugas: Negara Aman, Investasi Masuk - Gudang Berita Viral Pesan Wapres Jelang Purnatugas: Negara Aman, Investasi Masuk
Sabtu, 19 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print