Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 09 Agu 2019, 15:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Jangan Memotong Rambut dan Kuku hingga Menyembelih  - Gudang Berita Viral

MEMANG benar bahwa di antara hal-hal yang dianjurkan bagi orang yang berniat untuk menyembelih kurban, untuk selama beberapa waktu tidak mencukur rambut dan memotong kukunya, hingga selesai penyembelihan. Hal ini memang ada dasarnya, namun para ulama berbeda pendapat tentang hukumnya.

1. Pengertian



Al-Imam An-Nawawi dalam Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab menjelaskan: Yang dimaksud dengan larangan mengambil kuku dan rambut yaitu larangan memotong kuku atau membelah atau dengan cara lainnya.

Larangan menghilangkan rambut adalah menghilangkan rambut dengan cara cukur, memotong, mencabut, membakar, mengambil dengan kapur atau dengan cara yang lainnya. Apakah itu rambut ketiak, jenggot, rambut kemaluan, rambut kepala dan rambut-rambut lain yang terdapat di badan.

2. Dalil

Dasar ketentuan bagi penyembelih hewan udhiyah untuk tidak mencukur rambut atau memotong kuku, adalah sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berikut ini, "Bila kalian melihat hilal bulan Dzulhijjah dan seseorang di antara kalian ingin berkurban, maka jagalah rambut dan kuku-kukunya." (HR. Muslim)

Selain hadis di atas, juga ada hadis sahih riwayat Muslim lainnya, yang datang dengan redaksi dan lewat jalur yang berbeda, namun materinya masih sejalan.

Dari Ummu Salamah Ibnuda Mukminin radhiyallahuanha bahwa Rasulullah bersabda, ”Bila telah memasuki hari yang sepuluh dan seseorang ingin berkurban, maka janganlah dia ganggu rambut kurbannya dan kulitnya.” (HR. Muslim)

Dari Ummu Salamah Ibunda Mukminin radhiyallahuanha bahwa Rasulullah bersabda, ”Orang yang punya hewan untuk disembelih (sebagai kurban), lalu datanglah hilal bulan Dzulhijjah, hendaknya jangan mengambil dari rambut dan kukunya sedikit pun, hingga selesai menyembelih.” (HR. Abu Daud)

[baca lanjutan]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Ibu Kota Baru Diharapkan Bukan Hanya jadi Pusat Pemerintahan - Gudang Berita Viral Ibu Kota Baru Diharapkan Bukan Hanya jadi Pusat Pemerintahan
Minggu, 25 Agu 2019, 00:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kementerian PUPR Kembangkan Perumahan MBR dengan Skala Besar - Gudang Berita Viral Kementerian PUPR Kembangkan Perumahan MBR dengan Skala Besar
Minggu, 25 Agu 2019, 00:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Penalti Gagal Lagi, MU Dipecundangi Palace  - Gudang Berita Viral Penalti Gagal Lagi, MU Dipecundangi Palace
Minggu, 25 Agu 2019, 00:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print