Minggu, 20 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 02 Okt 2019, 10:00:08 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jangan Cuma Seremoni, Ayo Pahami Sejarah Batik di Hari Batik Nasional - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Batik merupakan sebuah warisan budaya dari Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 29 September 2009 lalu. Untuk mempertahankan pengakuan UNESCO tersebut, butuh apresiasi yang lebih ketimbang sekadar ramai-ramai menggunakan batik di Hari Batik Nasional.

Hari Batik Nasional sendiri jatuh pada Rabu (2/10) hari ini. Namun sayangnya, Hari Batik Nasional tak lebih dari sekadar seremoni bagi banyak orang. Tidak banyak yang betul-betul tahu sejarah batik.



Hal itu diungkapkan kritikus mode Sonny Muchlison. Menurut Sonny, orang masih menganggap batik hanya sekadar kain Indonesia tanpa mengerti filosofi di baliknya.

“Selama ini kurang apresiatif. Hanya mengerti bahwa batik adalah tekstil buatan Indonesia. Masih menganggap batik itu punya orang Jawa,” tukasnya, Rabu (2/10).

Sonny menyebut para generasi milenial yang ada saat ini hanyalah generasi yang lebih menghargai karya dan budaya asing. Sonny mengkritik pola asuh orang tua saat ini yang masih kurang memberikan edukasi seputar kekayaan nusantara.

“Hanya orang Jawa yang punya loyalitas pada batik. Selama orang urban dan generasi micin masih menganggap agung budaya asing lebih dari budaya sendiri, itu masih akan sulit. Pengetahuan apapun datangnya dari rumah. Sekarang ini batik itu dianggap hanya untuk orang tua,” kata Sonny.

Padahal, lanjut Sonny, memakai batik membuat seorang anak muda bisa terlihat gaya, keren, bahkan kekinian. “Variannya kan banyak sekali. Ada yang suka pakai batik lebih ramai, atau ada yang delicate, ada yang ringan,” tuturnya.

Sebelum Hari Batik Nasional resmi ditetapkan pada 2 Oktober 2009, butuh perjuangan bagi Indonesia untuk benar-benar meyakinkan dunia bahwa batik adalah buah tangan anak bangsa. Apalagi, batik sempat hampir diklaim oleh Malaysia.

Karena itu sejak tahun 2008, pemerintah Indonesia mendaftarkan batik ke dalam deretan representatif budaya tak benda warisan manusia UNESCO. Pendaftaran ini lalu diterima secara resmi oleh UNESCO pada 9 Januari 2009 untuk diproses. Barulah pada 2 Oktober 2009 UNESCO mengakui batik adalah budaya khas Indonesia.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Bungkam Palace, Man City Kembali ke Posisi Dua  - Gudang Berita Viral Bungkam Palace, Man City Kembali ke Posisi Dua
Minggu, 20 Okt 2019, 02:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jack Ma Akui Sulit Saat Harus Pilih Pensiun  - Gudang Berita Viral Jack Ma Akui Sulit Saat Harus Pilih Pensiun
Minggu, 20 Okt 2019, 01:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 PLN Perluas Jangkauan Tol Listrik Sulawesi Tahap I  - Gudang Berita Viral PLN Perluas Jangkauan Tol Listrik Sulawesi Tahap I
Minggu, 20 Okt 2019, 01:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print