Rabu, 21 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 12 Agu 2019, 16:00:08 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jangan Cuci Limbah Daging Kurban di Sungai - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Meski sudah diberi imbauan, kebiasaan warga yang mencuci daging kurban di sungai masih sulit ’’sembuh’’. Temuan itu terungkap dari hasil inspeksi tim gabungan satpol PP bersama dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) ke sejumlah sungai di Surabaya kemarin (11/8).

Dalam inspeksi tersebut, tim gabungan menyisir sungai-sungai yang selama ini kerap dijadikan tempat pencucian maupun pembuangan limbah hewan kurban. Di antaranya, sepanjang Sungai Ngagel, Sungai Tambak Wedi, dan Suramadu.



Kabid Kebersihan DKRTH Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, dari hasil inspeksi itu, masih banyak warga yang mencuci daging dan limbah di sungai-sungai yang didatangi. ’’Tadi saya cek, banyak warga yang cuci daging dan buang limbahnya di sungai,’’ katanya.

Dalam operasi itu, petugas masih menggunakan tindakan preventif. Warga yang kedapatan mencuci maupun membuang limbah daging diberi sosialisasi soal larangan aktivitas tersebut. Selain itu, tim gabungan memberikan karung untuk wadah pembuangan. Setelah itu, limbah daging tersebut dikumpulkan DKRTH untuk diolah di instalasi pengolahan limbah cair (IPLC).

Pemkot juga memberikan solusi lain bagi warga yang hendak membuang limbah hewan kurban. ’’DKRTH menerima limbah itu. Kami punya cabang-cabang dan rayon DKRTH di sejumlah wilayah. Silakan masyarakat mengakses layanan ini,’’ jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Eko Agus Supiadi Sapoetro menjelaskan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak mencuci daging di sungai. ’’Ke depan ada denda jika praktik ini masih dilakukan,’’ jelasnya.

Praktik buang limbah hewan kurban di sungai memang berbahaya. Pendiri Ecoton Prigi Arisandi menuturkan, salah satu dampak negatif dari praktik tersebut adalah naiknya jumlah bakteri e-coli dalam air. ’’Potongan jeroan hewan menjadi media berkembangnya patogen yang dapat menularkan penyakit tifus atau hepatitis,’’ tutur pria 43 tahun itu. (fit/c15/ris)




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Situasi Sudah Kondusif, Titik Vital Papua Barat Masih Dijaga Ketat - Gudang Berita Viral Situasi Sudah Kondusif, Titik Vital Papua Barat Masih Dijaga Ketat
Rabu, 21 Agu 2019, 16:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ujian Tulis Berbasis Komputer Maju, Siswa Bisa Stres - Gudang Berita Viral Ujian Tulis Berbasis Komputer Maju, Siswa Bisa Stres
Rabu, 21 Agu 2019, 16:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tambah Cash Flow, BUMN Bakal Jual Sepuluh Ruas Tol Tahun Ini - Gudang Berita Viral Tambah Cash Flow, BUMN Bakal Jual Sepuluh Ruas Tol Tahun Ini
Rabu, 21 Agu 2019, 16:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print