Jumat, 23 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 05 Agu 2019, 18:00:09 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jamaah Haji Indonesia Dilarang Melontar Jumrah pada Jam-Jam Ini - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Subhan Cholid menuturkan, otoritas Arab Saudi sudah mengeluarkan jadwal melontar jumrah. Di antaranya adalah jadwal melontar jumrah untuk jamaah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Pada jam-jam tertentu, jamaah Indonesia dilarang untuk melakukan lontar jumrah.

Kegiatan melontar jumrah dimulai pada 10 Dzulhijjah atau 11 Agustus. Nah pada tanggal tersebut, seluruh jamaah dari Asia Tenggara dilarang melontar jumrah sampai pukul 10.00 waktu Arab Saudi (WAS).



“Dari jam 04.00 sampai 10.00 pagi (dilarang untuk jamaah Asia Tenggara, Red),” jelasnya di Makkah (5/8).

Alasannya adalah pada jam tersebut kondisi di jamarat sangat padat. Selain itu, pada jam-jam tersebut, masih ada kendaraan yang baru selesai mengantar jamaah dari Mudzalifah menuju Mina.

Selanjutnya pada 11 Dzulhijjah (12 Agustus) jamaah dari Asia Tenggara bebas melakukan lontar jumrah pada jam berapapun. Larangan baru keluar untuk 12 Dzulhijjah (13 Agustus) pada pukul 10.00 WAS sampai 14.00 WAS. Alasannya pada jam-jam tersebut jamaah haji dari seluruh dunia mengejar waktu afdhal untuk melontar jumrah.

Wartawan Jawa Pos M. Hilmi Setiawan di Mina dengan latar beakang jamarat atau tempat melontar jumlah. (Hilmi Setiawan/Jawa Pos)

“Kemudian pada 13 Dzulhijjah (14 Agustus, Red) jamaah bebas melakukan lontar jumrah, sampai jamaah selesai melakuan nafar tsani,” tutur Subhan.

Subhan berharap jamaah mematuhi jadwal tersebut. Meskipun begitu dia mengakui ada banyak jamaah yang memegang teguh waktu afdholiyah untuk melempar jumrah. Seperti saat tergelincirnya matahari atau setelah zuhur sekitar jam 14.00 siang.

Dengan adanya pengumuman tersebut, dia sudah mengedarkan surat ke seluruh sektor sehingga jamaah bisa mempertimbangkan dan mengukur diri. Supaya bisa mencegah kondisi kemudharatan yang lebih besar. Subhan menegaskan lontar jumrah di luar waktu afdhol tetap sah.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Abdee Beri ‘Roh’ pada 3 Lagu SLANK dalam Slanking Forever - Gudang Berita Viral Abdee Beri ‘Roh’ pada 3 Lagu SLANK dalam Slanking Forever
Jumat, 23 Agu 2019, 22:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Minta Pemerintah Kaji Ulang, INDEF: Ini Kan Bukan Memindahkan Pabrik - Gudang Berita Viral Minta Pemerintah Kaji Ulang, INDEF: Ini Kan Bukan Memindahkan Pabrik
Jumat, 23 Agu 2019, 22:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pansel Umumkan Hasil Tes, KPK Bongkar Rekam Jejak 20 Peserta Capim - Gudang Berita Viral Pansel Umumkan Hasil Tes, KPK Bongkar Rekam Jejak 20 Peserta Capim
Jumat, 23 Agu 2019, 22:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print