Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 05 Sep 2019, 18:00:06 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jadi Tempat Memanggang Ikan, Crane Putar di Kalimas Tak Terawat - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Sungai Kalimas dikenal sebagai jalur perniagaan pada awal abad ke-20. Salah satu sisa kejayaan itu adalah crane putar yang masih berdiri di Jalan Kalimas Timur, Nyamplungan.

Namun, sayangnya, kondisi cagar budaya tersebut cukup memprihatinkan. Besi-besinya tampak usang dan tak terawat. Alih-alih dipermak bagus, crane itu justru dikerubuti tumbuhan. Yang lebih parah, ternyata kaki crane dipakai untuk memanggang ikan. Itu berlangsung hampir setiap hari.



Ketua Komunitas Laskar Soeroboyo Muhammad Saiful menyebutkan bahwa alat tersebut memang tampak utuh dari luar. Namun, sejatinya sudah banyak bagian yang hilang. Termasuk mesin dan sebagian gigi roda besi di atas tower.

’’Dulu alat itu sudah tergolong canggih. Mampu memindahkan barang dengan bobot besar,’’ katanya. Menurut dia, crane memiliki peran vital di pelabuhan. Alat tersebut dipakai untuk bongkar muat barang dari kapal.

Lurah Nyamplungan Soediono menjelaskan bahwa kelurahan telah mengimbau masyarakat di sekitar untuk ikut merawat cagar budaya tersebut. Itu sudah dilakukan berkali-kali. Kenyataannya, warga belum sadar sepenuhnya.

’’Merevitalisasi crane tidak gampang. Saya usul Jalan Kalimas Timur ditata dulu,’’ jelasnya. Saat ini kondisi Jalan Kalimas Timur memang belum mulus sepenuhnya. Ada lubang yang menghambat aktivitas masyarakat.

Padahal, kawasan tersebut merupakan pusat ekonomi di masa lampau. Selain crane, ada menara pandang dan rel kereta api. Hingga kini, rel-rel bekas itu belum seluruhnya tertutup tanah.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Tiga Wasiat Rasulullah untuk Kita  - Gudang Berita Viral Tiga Wasiat Rasulullah untuk Kita
Rabu, 18 Sep 2019, 07:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jakarta Cerah Berawan Sepanjang Hari Ini  - Gudang Berita Viral Jakarta Cerah Berawan Sepanjang Hari Ini
Rabu, 18 Sep 2019, 07:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Harga Emas Naik Harapkan Kabar Baik dari Fed  - Gudang Berita Viral Harga Emas Naik Harapkan Kabar Baik dari Fed
Rabu, 18 Sep 2019, 07:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print