Sabtu, 24 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 03 Agu 2019, 19:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jadi Penyebab Keuangan Tak Sehat, PD Pasar Minta Presiden Hapus PPN - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Salah satu faktor yang membuat kondisi keuangan PD Pasar Surya tak sepenuhnya sehat adalah adanya utang PPN Rp 22 miliar. Pihak PD Pasar Surya saat ini sedang berupaya menggugat perkara tersebut lewat jalur hukum. Di samping itu, juga ada upaya persuasif seperti bersurat ke presiden.

Ketua Badan Pengawas PD Pasar Surya Rusli Yusuf mengungkapkan, utang Rp 22 miliar itu adalah temuan dari kantor pajak. Pihak PD Pasar Surya sudah meminta bantuan pengacara atau kuasa hukum untuk menangani persoalan tersebut. Sebagai warga negara dan badan hukum yang sah, PD Pasar Surya merasa mempunyai hak untuk memperjuangkan kepentingan terkait tunggakan sebesar itu. ”Sudah berjalan. Saya tak tahu prosesnya. Ada kuasa hukum pajak yang tangani itu,” katanya.



Selain langkah hukum tersebut, Rusli menyebutkan bahwa PD Pasar Surya sudah membuat semacam surat untuk diberikan kepada Presiden Joko Widodo. Konsep surat itu sudah dibuat dan dikirimkan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terlebih dulu. Nanti surat dari PD pasar itu diperkuat dengan surat dari Pemkot Surabaya. ”Mohon kebijakan Bapak Presiden supaya pengenaan PPN tehadap pengelola pasar tradisional tersebut nol,” jelasnya.

Pertimbangan yang dikemukakan dalam surat itu, pasar tradisional adalah salah satu subsistem yang masuk pengendalian inflasi di daerah. Sebab, yang dijual di pasar tersebut barang-barang pokok. Dengan tambahan PPN, tentu harganya bisa lebih mahal. ”Misalnya, cabai yang akhir-akhir ini mahal. Hampir 99 persen yang dijual di pasar tradisional itu kebutuhan pokok. Memang ada barang konfeksi, tapi sedikit,” tuturnya.

Pembebasan PPN itu bukan hanya untuk pengelola dari perusahaan daerah, melainkan juga swasta. ”Kami ingin ketuk hati Bapak Presiden. Kalau surat kami sampai pada beliau, ya kami sangat berharap bisa segera mendisposisi,” ucapnya.

Para pedagang juga diharapkan mendukung langkah tersebut. Sebab, bila tidak dikenai PPN, yang senang juga pedagang. Saat ini para pedagang dibebani PPN. Sebelumnya, Koordinator Kumpulan Pedagang Pasar Seluruh Surabaya Hakim Muslim menyatakan, pihaknya juga mengetahui bahwa ada utang PPN Rp 22 miliar tersebut. Harapannya, tunggakan sebesar itu tak dibebankan kepada pedagang. Sebab, janji-janji direksi PD Pasar Surya untuk revitalisasi juga tak terlihat. Misalnya, Pasar Blauran dan Pasar Tunjungan.

”Tak ada upaya untuk meramaikan Pasar Blauran dan Pasar Tunjungan. Bagaimana ada utang pajak bukan PBB, itu ada Rp 22 miliar utang PPN. Bayangkan saja, itu kalau dibebankan pedagang lagi terus piye?’’ ungkapnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Airlangga: Partai Golkar Segaris dengan Presiden - Gudang Berita Viral Airlangga: Partai Golkar Segaris dengan Presiden
Sabtu, 24 Agu 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
PKS Desak PBB Turun Tangan Cegah Korban Sipil di Kashmir - Gudang Berita Viral PKS Desak PBB Turun Tangan Cegah Korban Sipil di Kashmir
Sabtu, 24 Agu 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kebakaran Hutan Lagi  - Gudang Berita Viral Kebakaran Hutan Lagi
Sabtu, 24 Agu 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print