Minggu, 17 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 29 Okt 2019, 20:00:09 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Jadi Menko Polhukam, Mahfud Langsung Diserang Hoax - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Menko Politik Hukum dan HAM Mahfud MD pun tidak lepas dari incaran pemberitaan kabar palsu. Contohnya, statement Mahfud yang menginstruksikan masjid agar menyerukan kedamaian. Pernyataan itu lantas dipelintir pembuat hoax. Mencomot berita dari sebuah portal, kemudian mengubah judulnya, seolah-olah Mahfud melarang kata kafir diucapkan di dalam masjid.

Informasi tersebut beredar luas di berbagai grup Facebook. Salah satunya diunggah pemilik akun Kiely Putri (fb.com/kiely.putri). ’’Dia mah iblis. Makanya berusaha menghilangkan apa yg tertulis di Alquran,’’ tulis akun itu kemarin (28/10). Dalam posting-annya, Kiely menyertakan link berita berjudul Menko Mahfud MD Larang Kata Kafir Terucap dalam Masjid.



Ketika link yang menuju portal news.beritaislam.org tersebut diklik, ternyata yang mucul adalah berita dengan judul berbeda. Yakni, Menko Mahfud MD: Masjid Tidak Boleh Takfiri. Isinya sama sekali tidak menyebutkan pernyataan Mahfud yang melarang kata kafir terucap di dalam masjid.

Akun Twitter milik Mahfud MD juga langsung memberikan klarifikasi. Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menjelaskan, maksud takfiri adalah larangan mengafirkan seseorang karena berbeda pendapat dan mazhab. Klarifikasi tersebut dia tulis pada 28 Oktober 2019.

’’Itu bohong besar. Sy setiap hr membaca surat Kahfi, surat Waqiah, dan Kafirun. Di situ ada kata kafir lbh 10 kali. Yg sy soal itu ‘mengafirkan’ orng yg hny beda pendapat dan mazhab,’’ tulis pria yang pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tersebut.

Versi asli statement pria kelahiran Sampang itu juga sudah banyak muncul di media mainstream. Isinya lebih tentang imbauan agar masjid selalu mensyiarkan kedamaian seperti yang diberitakan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara pada 25 Oktober 2019. Saat itu Mahfud mengingatkan masjid yang berada di lingkungan pemerintahan agar membangun kedamaian serta kesejukan.

’’Pesan saya ke masjid, agar masjid-masjid pemerintah itu dikelola secara baik sebagai pembawa pesan agama. Apa pesan agama paling pokok? Membangun kedamaian di hati, membangun persaudaraan sesama umat manusia,’’ papar Mahfud saat berada di Kantor Kemenko Polhukam.

Menurut dia, masjid bukanlah tempat untuk membangun pertentangan dan permusuhan. Masjid dan pengajian di kantor-kantor digunakan untuk membangun persaudaraan dan kesejukan. ’’Tidak boleh mengadu domba, tidak boleh bersifat takfiri, menganggap orang lain kalau tidak sepakat dengan dia berarti musuh, adalah kafir, dan sebagainya,’’ jelasnya. Anda dapat membaca berita itu di bit.ly/SyirarkanKedamaian.

FAKTA

Mahfud MD tidak pernah melarang kata kafir terucap di masjid. Dia melarang ceramah yang mengandung takfiri atau mengafirkan orang lain hanya karena berbeda pendapat dan mazhab.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Jadi Menko Polhukam, Mahfud Langsung Diserang Hoax

Tag: News



Kemendagri Kenalkan Mesin ADM, Cetak Dokumen Dukcapil Lebih Cepat - Gudang Berita Viral Kemendagri Kenalkan Mesin ADM, Cetak Dokumen Dukcapil Lebih Cepat
Minggu, 17 Nov 2019, 15:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
NuSZantara Jadi Langkah Awal 40 Tahun Perjalanan Itang Yunasz - Gudang Berita Viral NuSZantara Jadi Langkah Awal 40 Tahun Perjalanan Itang Yunasz
Minggu, 17 Nov 2019, 15:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Syukuran La Lembah Manah, Bakul Pasar Gede Bagi-Bagi Nasi Gudangan - Gudang Berita Viral Syukuran La Lembah Manah, Bakul Pasar Gede Bagi-Bagi Nasi Gudangan
Minggu, 17 Nov 2019, 15:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print