Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 02 Okt 2019, 19:00:06 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Iran Klaim Sahabat Saudi, Meski Berbeda Soal OPEC  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Moskow - Ketegangan geopolitik antara Iran dan Arab Saudi mungkin menjadi masalah terbesar yang dihadapi Timur Tengah saat ini, tetapi menteri perminyakan Iran bersikeras bahwa dia memiliki hubungan yang baik dengan mitranya di Arab Saudi.

"Pangeran Abdulaziz bin Salman (menteri energi baru Arab Saudi) telah menjadi sahabat selama lebih dari 22 tahun," menteri perminyakan Iran Bijan Zanganeh mengatakan pada konferensi energi di Moskow pada hari Rabu (2/10/2019) seperti mengutip cnbc.com.

Meskipun Iran dan Arab Saudi sama-sama anggota OPEC, mereka diketahui tidak setuju dengan kebijakan OPEC. Arab Saudi telah memimpin pengurangan produksi OPEC. Tetapi Iran, di bawah sanksi AS pada industri minyaknya, tidak mau memangkas produksi.



Ketegangan antara Iran dan Arab Saudi telah lama tegang karena perebutan kekuasaan kekuatan agama saingan (sering dengan proxy) di wilayah tersebut.

"Meskipun hubungan politik naik-turun jangka panjang antara Iran dan Arab Saudi kami telah berteman dan saya berharap untuk menjadi teman di masa depan, kami tidak mengalami kesulitan dengannya," katanya, seraya menambahkan bahwa kesulitan dalam hubungan Saudi-Iran adalah tidak dibuat dari sisi Iran.

"Kami percaya bahwa semua negara Muslim, semua negara tetangga, harus memiliki lingkungan yang damai di antara mereka sendiri. Musuh kita adalah negara lain di luar daerah ini," katanya, membuat gesekan terselubung tipis di AS.

Konon, ketegangan antara kedua negara meningkat menyusul serangan rudal dan pesawat tak berawak terhadap dua fasilitas minyak Arab Saudi pada September. Pemberontak Houthi Yaman mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu tetapi Arab Saudi dan AS menyarankan bahwa sekutu Houthi Iran memiliki peran dalam, atau bertanggung jawab atas, serangan terhadap fasilitas minyak Abqaiq dan Khurais di Saudi Aramco.

Serangan awalnya mengurangi separuh produksi minyak Arab Saudi. Iran membantah tuduhan itu terlibat, menyebut mereka "tidak berarti" dan "tidak ada gunanya."

Ditanya tentang efek serangan terhadap Iran, Zanganeh mengatakan "itu tidak berpengaruh pada produksi dan ekspor Iran, tetapi masalah ini meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut."

Dia mengatakan semua negara di sekitar Teluk Persia "harus mencoba menstabilkan wilayah itu dan untuk mempertahankan perdamaian bagi semua orang di wilayah Teluk Persia dan untuk mengamankan Selat Hormuz untuk transportasi bebas minyak dan transportasi komoditas lainnya ke pasar internasional. ”

Meningkatnya tekanan dalam bentuk sanksi A.S. terhadap minyak Iran dan industri lainnya tidak berhasil, kata Zanganeh.

"Kami percaya bahwa semua negara di dunia percaya bahwa unilateralisme tidak bekerja dan peningkatan tekanan mereka terhadap Iran tidak dapat menjadi solusi untuk situasi yang stabil dan lingkungan yang damai di kawasan dan untuk dunia dan untuk keamanan pasokan minyak, gas, dan LNG."

Harga minyak tergelincir pada hari Selasa setelah data aktivitas manufaktur AS yang lemah memberikan tekanan pada prospek permintaan minyak mentah. Pada hari Rabu, minyak mentah patokan Brent diperdagangkan pada US$58,69 sedangkan West Texas Intermediate diperdagangkan pada US$53,75.




Sumber: inilah.com

Tag: News



Keji, Suami Bakar Istri di Depan Anak - Gudang Berita Viral Keji, Suami Bakar Istri di Depan Anak
Rabu, 16 Okt 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Dorong Perkebunan Rakyat, PGN Bangun Koperasi Karet di Desa Pagardewa - Gudang Berita Viral Dorong Perkebunan Rakyat, PGN Bangun Koperasi Karet di Desa Pagardewa
Rabu, 16 Okt 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Para Seleb Korea Buka Suara Soal Kesehatan Mental dan Komentar Jahat - Gudang Berita Viral Para Seleb Korea Buka Suara Soal Kesehatan Mental dan Komentar Jahat
Rabu, 16 Okt 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print