Jumat, 18 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 28 Sep 2019, 16:00:06 WIB, 7 View Tim Redaksi, Kategori : News
Intip Korut lewat Pengungsi yang Jadi YouTuber - Gudang Berita Viral

Korea Utara (Korut) merupakan negara paling tertutup di dunia. Tak banyak yang tahu apa yang ada di dalamnya. Sebagian pelarian asal negara tersebut membuat konten YouTube yang menceritakan kehidupan di Korut.

SITI AISYAH, Jawa Pos



gudangberitaviral.com – ”Halo, kamerad.” Sapaan itu meluncur dari mulut Jang Myung-jin. Kamerad adalah sapaan yang berarti kawan atau kolega yang biasa dipakai di negara-negara beraliran kiri. Salah satunya adalah tanah kelahiran Jang, Korut.

Pria 32 tahun tersebut tak menyapa siapa pun di depannya. Dia tengah berbicara di depan kamera, merekam video untuk saluran YouTube miliknya yang sudah eksis selama 2 tahun ini. Seluruh video yang dia unggah berisi tentang serba-serbi kehidupan di Korut.

Di video berjudul A North Korean man, Tango itu, Jang bercerita tentang ada tidaknya transgender di Korut, kalimat-kalimat yang dianggap sebagai hinaan, dan penduduknya memelihara anjing atau tidak. Dengan santai, Jang mengungkapkan bahwa penduduk Korut memelihara anjing, kelinci, babi, ayam, dan berbagai binatang lainnya. Namun, binatang itu dijual di pasar atau dimakan, tak dijadikan peliharaan. ”Saya tak pernah mendengar ada transgender di Korut. Tapi, saya mendengar ada gay,” jelasnya sebagaimana dikutip Associated Press.

Jang sudah cukup lama meninggalkan negara kelahirannya tersebut. Dia dan keluarganya melarikan diri dari negara yang dipimpin Kim Jong-un tersebut sejak 1998. Ketika itu kelaparan melanda dan ratusan ribu penduduk tewas, termasuk cinta pertama Jang. Yaitu, gadis 11 tahun dengan kulit bersih dan mata yang lebar.

Gadis yang tinggal di Kota Onsong, Hamgyong Utara, Korut, itu tak masuk sekolah beberapa pekan. Gurunya meminta Jang datang ke rumah gadis tersebut. Namun, begitu sampai, Jang melihat pemandangan yang tak akan pernah dilupakannya seumur hidup. Gadis itu terbujur kaku dengan mata dan mulut terbuka. Tubuhnya tinggal kulit pembalut tulang. Ngeri, Jang hanya bisa berlari untuk meminta tolong. Beberapa bulan kemudian, Jang dan seluruh keluarganya menyeberangi Sungai Tumen yang membeku dan berakhir menjadi pengungsi di Korsel.

Kisah-kisah pelarian seperti itu biasanya menarik banyak penonton. Namun, Jang belum mengunggah kisah tersebut di akun YouTube-nya. Dia ingin konten kanal YouTube miliknya berisi obrolan ringan dan lucu seputar kebudayaan dan kebiasaan penduduk Korut. Tak jarang, dia mengundang temannya sesama pengungsi. Kebanyakan di antara mereka merekam video di dalam apartemen Jang di Seoul, Korsel.

Jang saat ini memiliki 7.000 subscriber. Penghasilannya dari YouTube tak seberapa. Karena itu, sehari-hari dia bekerja sebagai kurir pengirim ayam goreng. Jang biasanya memakai topi hitam atau wig warna-warni di videonya. Kadang dia juga mengenakan topeng Kim Jong-un.

Jang bukan satu-satunya pengungsi Korut yang punya kanal YouTube. Ada beberapa pengungsi lain yang juga melakukannya. Kang Na-ra adalah salah satunya. Perempuan 22 tahun itu punya dua kanal YouTube dan tampil dalam dua program televisi. Para penggemarnya menjulukinya Princess Na-ra. Kang kadang memakai seragam militer Korut, serta menunjukkan make-up ala Korut dan berbagai hal lainnya tentang negara asalnya. Kang tiba di Korsel pada Desember 2014 setelah bertengkar dengan ibu tirinya. Ibu kandungnya lebih dulu melarikan diri ke Korsel.

Meski memiliki banyak fans, para YouTuber asal Korut itu juga punya banyak hater. Mereka kerap berang ketika Korut menguji coba misil dan mengarahkan kekesalannya kepada para YouTuber tersebut.

Penampilan para YouTuber kelahiran Korut itu rata-rata sangat modis. Jauh berbeda dengan stereotipe pengungsi Pyongyang pada umumnya. Selama dua dekade ini, ada sekitar 32 ribu pengungsi Korut di Korsel.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



PDIP Bantah Erick Thohir Duduki Posisi Menteri BUMN - Gudang Berita Viral PDIP Bantah Erick Thohir Duduki Posisi Menteri BUMN
Jumat, 18 Okt 2019, 19:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Unair Siapkan Fakultas Teknologi Lanjutan - Gudang Berita Viral Unair Siapkan Fakultas Teknologi Lanjutan
Jumat, 18 Okt 2019, 19:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Setelah Juara, Malah Langsung Takluk Pada Babak Pertama - Gudang Berita Viral Setelah Juara, Malah Langsung Takluk Pada Babak Pertama
Jumat, 18 Okt 2019, 19:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print