Sabtu, 24 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 06 Agu 2019, 16:00:05 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Inilah Pertimbangan KESDM Tetapkan Kuota HBA  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Kementerian ESDM menjelaskan tambahan kuota produksi batu bara tidak akan mencapai 100 juta ton seperti pada bulan Agustus tahun lalu. Padahal,  tahun 2018 lalu pernah memberikan penambahan kuota mencapai 100 juta ton.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Bambang Gatot mengatakan harga batu bara acuan atau HBA menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan tambahan produksi di tahun ini. Apabila tambahan produksi signifikan bakal kian menggerus harga.

Adapun target produksi batu bara yang telah ditetapkan tahun ini sekitar 489 juta ton. Kata dia, sekitar 34 perusahaan telah mengajukan revisi Rencana Kerja Anggaran Biaya (RKAB).



Namun dia enggan membuka kisaran penambahan produksi yang diajukan dalam revisi RKAB tersebut. Hanya saja dia menegaskan kuota tambahan tahun ini tidak sebesar di 2018 kemarin.

"Masih dievaluasi. Belum tentu semua permohonan diterima," kata Bambang, Selasa (6/8/2019).

Kemudian, pemenuhan kewajiban alokasi dalam negeri (domestic market obligation/DMO) juga menjadi pertimbangan dalam memberikan kuota tambahan produksi. Realisasi penyaluran DMO menjadi rujukan ESDM dalam melakukan evaluasi.

"Kemampuan lingkungan, bayar royalti, kecelakaan tambang ada atau tidak. Ini juga jadi pertimbangan," ujar dia.

ESDM saat ini sudah menetapkan harga batu bara acuan atau HBA pada bulan Agustus 2019 senilai US$72,67 per ton. Harga ini naik tipis apabila dibandingkan bulan Juli lalu sebesar US$71,92 per ton.

Dengan demikian, kenaikan pada Agustus ini hanya sebesar US$0,75/ton daripada HBA di Juli kemarin. Namun, kenaikan ini belum bisa dipastikan bisa bertahan sampai dengan akhir tahun 2019 ini. HBA diketahui terus mengalami penurunan. [hid]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Merasakan Jagat Star Wars di Disneyland California - Gudang Berita Viral Merasakan Jagat Star Wars di Disneyland California
Sabtu, 24 Agu 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kementan: Angkat Eksistensi Bawang Putih Lokal - Gudang Berita Viral Kementan: Angkat Eksistensi Bawang Putih Lokal
Sabtu, 24 Agu 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Realitas Semu Demokrasi di Indonesia - Gudang Berita Viral Realitas Semu Demokrasi di Indonesia
Sabtu, 24 Agu 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print