Sabtu, 23 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 04 Nov 2019, 14:00:11 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Inilah Makna Kesepakatan Dagang ASEAN  - Gudang Berita Viral



gudangberitaviral.com, Bangkok - Negara-negara Asia Tenggara berkomitmen untuk menandatangani pakta perdagangan besar Asia Pasifik pada tahun 2020 yang akan membentuk blok perdagangan utama yang mencakup sepertiga dari produk domestik bruto dunia.

Banyak yang berharap bahwa setidaknya beberapa "kesimpulan substansial" untuk negosiasi selama bertahun-tahun mengenai 16 anggota Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional akan tercapai di Bangkok. Para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara berada di Thailand untuk KTT ASEAN ke-35 serta pertemuan dengan mitra dagang utama seperti China dan India.



Thailand, yang saat ini menjabat sebagai ketua ASEAN, mengatakan pada hari Minggu dalam sebuah pernyataan bahwa kelompok itu “menyambut kesimpulan dari negosiasi Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) dan komitmen untuk menandatangani Perjanjian RCEP pada tahun 2020.”

"Ini secara signifikan akan berkontribusi pada sistem perdagangan internasional yang terbuka, inklusif dan berdasarkan aturan dan perluasan rantai nilai," katanya seperti mengutip dari cnbc.com.

Dalam pidato pembukaannya Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha mendesak negara-negara anggota untuk berupaya mencapai kesimpulan untuk negosiasi RCEP dalam tahun ini untuk "merangsang pertumbuhan ekonomi," perdagangan dan investasi.

Secara terpisah, Reuters melaporkan bahwa juru bicara pemerintah Thailand Narumon Pinyosinwat mengatakan kepada wartawan pada hari Minggu bahwa para menteri perdagangan masih membahas masalah-masalah luar biasa dan bahwa itu akan diumumkan ketika sebuah kesimpulan dicapai.

Dia mengatakan penandatanganan perjanjian itu diharapkan sekitar Februari 2020 dan Menteri Perdagangan Thailand, Jurin Laksanawisit, menambahkan India belum menarik diri, menurut Reuters.

Keengganan India untuk membuka pasarnya telah menjadi salah satu faktor penentu utama dalam pembicaraan, yang dimulai pada 2013.

RCEP melibatkan kesepuluh negara Asia Tenggara dan enam mitra dagang besar mereka: China, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, dan Selandia Baru.

Jika semua 16 negara bersatu untuk membentuk blok perdagangan, itu akan mencakup sekitar sepertiga dari produk domestik bruto dunia dan menyediakan akses pasar baru untuk barang dan jasa serta peluang investasi bagi perusahaan.

India khawatir bahwa perjanjian tersebut, yang mensyaratkan penghapusan tarif secara bertahap, akan membuka pasar domestik negara itu terhadap membanjirnya barang-barang murah Tiongkok dan hasil pertanian dari Australia dan Selandia Baru yang akan membahayakan produsen lokalnya.

Dalam pidato pembukaan di KTT ASEAN-India pada hari Minggu, Perdana Menteri India Narendra Modi tidak menyebutkan negosiasi RCEP yang sedang berlangsung. Sebagai gantinya, ia berbicara tentang kemitraan ASEAN-India dan keputusan untuk meninjau kembali perjanjian perdagangan negaranya dengan blok tersebut. "Ini tidak hanya akan membuat hubungan ekonomi kita lebih kuat, tetapi perdagangan kita juga akan seimbang," kata Modi.

Untuk bagiannya, China melihat RCEP sebagai bagian penting dalam integrasi ekonomi Asia Timur yang lebih besar di bawah pengaruhnya.

Beijing saat ini terkunci dalam perang dagang dengan Amerika Serikat. Kedua belah pihak telah menerapkan tarif barang miliaran dolar masing-masing. Dampak dari pertarungan perdagangan telah memperlambat pertumbuhan ekonomi global dan menciptakan gelombang ketidakpastian bagi perusahaan.

Beberapa menganggap RCEP sebagai versi yang tidak terlalu ketat dari Kemitraan Trans-Pasifik AS yang sekarang tidak ada. AS menarik diri dari 12 anggota TPP pada Januari 2017.

Kami ingin melihat RCEP selesai, kami ingin melihat fokus administrasi kami untuk menyelesaikan transaksi untuk Amerika Serikat.

Mengikuti keputusan Presiden Donald Trump, negara-negara yang tersisa menyusun perjanjian baru yang disebut Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik, yang memasukkan sebagian besar ketentuan TPP.

Ketika ditanya tentang apa yang dipikirkan perusahaan-perusahaan AS tentang RCEP, Charles Freeman, wakil presiden senior untuk Asia di Kamar Dagang AS, mengatakan, "kekhawatiran lebih pada fakta bahwa kita belum menemukan pengganti untuk strategi TPP."

“Seperti kami ingin melihat RCEP selesai, kami ingin melihat fokus administrasi kami untuk menyelesaikan transaksi untuk Amerika Serikat,” kata Freeman.

Amerika Serikat mengirim delegasi yang downgrade ke Bangkok untuk KTT, dan Menteri Perdagangan Wilbur Ross adalah pejabat paling senior dari administrasi Trump yang hadir.




Sumber: inilah.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Inilah Makna Kesepakatan Dagang ASEAN

Tag: News



 PTPP Cari Rp1,25 T di Pasar Obligasi Berkelanjutan  - Gudang Berita Viral PTPP Cari Rp1,25 T di Pasar Obligasi Berkelanjutan
Sabtu, 23 Nov 2019, 06:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bursa Saham AS Bisa Naik Tipis  - Gudang Berita Viral Bursa Saham AS Bisa Naik Tipis
Sabtu, 23 Nov 2019, 06:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Prakiraan Cuaca Ibu Kota Akhir Pekan  - Gudang Berita Viral Prakiraan Cuaca Ibu Kota Akhir Pekan
Sabtu, 23 Nov 2019, 05:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print