Minggu, 17 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 28 Okt 2019, 19:00:11 WIB, 12 View Tim Redaksi, Kategori : News
Indra Riskiyanto, Wisudawan Difabel Unesa yang Raih Predikat Cum Laude - Gudang Berita Viral

Jika ada kemauan yang didukung dengan keyakinan, pasti ada jalan. Kalimat itulah yang dibuktikan Indra Riskiyanto. Pria tunanetra itu lulus tepat waktu dengan gelar cum laude dan mendapat rekomendasi beasiswa S-2 dari rektor Universitas Negeri Surabaya.

Hisyam, Surabaya



INDRA Riskiyanto tampil gagah dan penuh percaya diri saat dipanggil menghadap pimpinan universitas pada acara wisuda ke-96 Universitas Negeri Surabaya di Graha Unesa kemarin (27/10). Wiwik Susiana dan Nanang Asari, orang tua Indra, meneteskan air mata haru saat mendengar nama anak pertamanya itu disebut sebagai salah satu wisudawan berpredikat cum laude dengan IPK 3,52.

Pemuda 24 tahun itu menderita tunanetra sejak kecil. Melihat kegigihan dan kepercayaan dirinya membuat ribuan orang di gedung tersebut bertepuk tangan meriah. Wiwik dan Nanang semakin terisak-isak saat melihat anaknya dipeluk Rektor Unesa Prof Nurhasan.

Nurhasan mengatakan, Indra merupakan salah satu aset yang diluluskan Unesa tahun ini. Meski memiliki banyak keterbatasan, dia memilih bangkit, terus berjuang, dan akhirnya menjadi sarjana tepat empat tahun.

Atas prestasi itu, rektor Unesa mengapresiasi dengan memberikan rekomendasi beasiswa S-2 di Unesa. ”Asalkan mau terus belajar dan berprestasi, Unesa terbuka dan memang tempatnya bagi generasi yang mau terus belajar dan maju,” tegas Nurhasan.

Dengan kondisi seperti itu, memang tidak gampang bagi anak pertama dari dua bersaudara itu bisa menyelesaikan studi di jurusan sekolah luar biasa (SLB). Orang tuanya bekerja sebagai pemilah rongsokan. Penghasilan orang tuanya pas-pasan. Jangankan untuk kuliah anaknya, membiayai kebutuhan sehari-hari pun kerap tak cukup.

Namun, cita-cita dan tekad Indra sangat kuat. Dia mencoba keberuntungan masuk UGM dan Unair jurusan sejarah dan geografi sebelum masuk Unesa. Dua-duanya gagal. Dia pun meminjam uang teman bermainnya untuk membayar ujian masuk SBMPTN SLB Kampus Unesa dan sejarah Unair. ”Saya diterima di Unesa. Senangnya bukan main,” kata dia. Kegembiraan itu juga dirasakan Wiwik. Saking senangnya, perempuan 45 tahun itu bisa bergerak dengan bebas. Padahal, sebelumnya dia sakit dan kesulitan untuk berjalan.

Setelah masuk kuliah, Indra mendapat beasiswa bidikmisi. Kemudian untuk kebutuhan sehari-hari, dia mengandalkan keterampilan bermain musik untuk pentas bersama teman-temannya yang normal.

Tekad pria alumnus SMA Trikarya Surabaya itu memang kuat. Niatnya mendapat pekerjaan sebelum wisuda pun tercapai. Setelah menjalani ujian skripsi berjudul Persepsi Driver Transportasi Online Gojek terhadap Penumpang Tunanetra di Surabaya, Indra memasukkan lamaran ke tujuh instansi pendidikan. Dia pun diterima sebagai guru di SLBN Gunungsari Baureno, Bojonegoro, dan mulai mengajar pada 19 Agustus 2019. ”Saya ingin menjadi guru dan mendidik generasi selanjutnya. Cita-cita itu penting. Bukan karena kita normal atau tidak, tapi kita mau belajar, mau serius, dan mau berubah atau tidak,” tegasnya. 




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Indra Riskiyanto, Wisudawan Difabel Unesa yang Raih Predikat Cum Laude

Tag: News



Solar Langka, YLKI Soroti Sistem Distribusi BBM Bersubsidi - Gudang Berita Viral Solar Langka, YLKI Soroti Sistem Distribusi BBM Bersubsidi
Minggu, 17 Nov 2019, 12:00:18 WIB, Dibaca : 0 Kali
Aji Santoso: Tujuh Pertandingan Terakhir Adalah Final bagi Persebaya - Gudang Berita Viral Aji Santoso: Tujuh Pertandingan Terakhir Adalah Final bagi Persebaya
Minggu, 17 Nov 2019, 12:00:18 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Ekonomi dan Macet, Cianjur Tagih Jalur Puncak II  - Gudang Berita Viral Ekonomi dan Macet, Cianjur Tagih Jalur Puncak II
Minggu, 17 Nov 2019, 12:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print