Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 09 Agu 2019, 02:00:02 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
 IKAALL Dorong Transportasi Publik Modern  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Transportasi publik masih menjadi permasalahan di sejumlah daerah, khususnya di Ibu Kota DKI Jakarta. Maka diperlukan adanya perbaikan dan perubahan untuk pengembangan angkutan massal agar ke depan bisa berjalan dengan baik.

Ikatan Alumni Ahli Lalu Lintas (IKAALL) mendorong pemerintah untuk memaksimalkan transportasi publik yang lebih baik dan modern, sehingga masyarakat beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke angkutan umum.



"Dari pola transportasi makro yang sudah dijalankan dengan membangun MRT, LRT, Trans Jakarta, itu merupakan bentuk kebijakan push agar orang beralih naik kendaraan umum. Tapi harus diikuti juga dengan kebijakan pullnya agar orang tidak naik kendaraan pribadi," kata Ketua Umum IKAALL Haris Muhammadun, Kamis (8/8/2019).

"Artinya kebijakan push n pull harus jalan, dan sudah saatnya DKI Jakarta memberlakukannya untuk mendorong transportasi yang lebih baik. Transportasi publik harus diperbanyak, kendaraan pribadi dikurangi. Transportasi publik prinsipnya harus didorong," sambung dia.

Di samping itu juga, dikatakan dia, perlu adanya pembenahan pada terminal-terminal yang ada sekarang ini sehingga harapan nya di undang-undang yang baru nanti tipologi terminal terbagi atas fungsi bukan kewenangan masing-masing daerah. berkaca dari hasil technical visit IKAALL ke Hongkong bahwa di negara-negara maju tipologi terminal terbagi menjadi 8 yaitu seaport and airport terminal, city center terminal, town center terminal, regional park and ride terminal, local park and ride terminal, neighborhood terminal, employment center terminal, special event terminal.

Sementara itu Ketua Umum IPKBI Muslim Akbar mengatakan bahwa angkutan kendaraan bermotor yang dijadikan transportasi publik harus memenuhi standar pengujian dan keselamatan bagi penumpangnya sesuai peraturan perundang-undangan.

Masalah transportasi publik bersifat multidimensi dan lintas sektoral salah satunya adalah kondisi angkutan massal itu sendiri, maka tingkat pengujian kendaraan bermotor bagi transportasi massal perlu diperketat dalam rangka mewujudkan kendaraan yang berkeselamatan bagi para penumpang.

"Masalah kendaraan bermotor untuk angkutan umum sudah diamanahkan dalam pasal 48 uu no 22 tahun 2009 tentang lalu-lintas dan angkutan jalan bahwa kendaraan yang digunakan untuk angkutan umum itu harus memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan. Transportasi itu harus menjamin kendaraan dan penumpang berkeselamatan," kata Muslim di lokasi yang sama.

IKAALL sudah mulai bergerak mendorong pemerintah untuk menyediakan transportasi publik yang lebih baik kedepannya dengan adanya peraturan undang-undang yang nantinya akan disahkan. [ton]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Tahapan Pilkada Serentak 2020 Dimulai September 2019 - Gudang Berita Viral Tahapan Pilkada Serentak 2020 Dimulai September 2019
Kamis, 22 Agu 2019, 10:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Wanita tak Sulit Meraih Surga Jika Empat Hal Ini  - Gudang Berita Viral Wanita tak Sulit Meraih Surga Jika Empat Hal Ini
Kamis, 22 Agu 2019, 10:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 KSP Dukung Pembangunan PLTA Sungai Kayan Kaltara  - Gudang Berita Viral KSP Dukung Pembangunan PLTA Sungai Kayan Kaltara
Kamis, 22 Agu 2019, 10:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print