Selasa, 15 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 30 Sep 2019, 17:00:08 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Identifikasi Jumlah Katup Air, Pipa FR Wonokromo Dipindah Akhir Pekan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – PDAM Surya Sembada tidak mau mengambil risiko besar dalam pemindahan pipa jaringan di frontage road (FR) Wonokromo. Untuk memastikan keamanan, pengecekan ulang terus dilakukan. Di antaranya, kualitas pipa, tekanan arus air, dan peralatan yang digunakan.

Hasil pemeriksaan sementara, semua material yang digunakan berada dalam kondisi baik. Semua sudah siap. ”Siap dalam arti peralatan yang digunakan sudah ready. Beberapa juga sudah terpasang di lokasi. Seperti pipa baru yang akan digunakan,” kata Manajer Senior Perbaikan PDAM Surya Sembada Nanang Widiatmoko kemarin (29/9).



Berdasar pengamatan, alat berat berupa ekskavator dan pompa air telah berada di lokasi. Ada enam pompa yang digunakan. Baik yang berukuran besar maupun kecil.

Saat ini pihaknya berfokus menentukan skema aliran air. Yakni, berapa valve atau katup air yang harus ditutup selama pemindahan berlangsung.

Rencananya, menurut Nanang, ada tiga katup air yang ditutup. Meski begitu, penambahan penutupan katup air bisa saja terjadi. Sebab, aliran air pada pipa jaringan di wilayah Ngagel masih tinggi. ”Ditambah lagi di sana (Ngagel, Red) masih menggunakan pipa jaringan lama. Sehingga konektivitas antarpipa belum semuanya dapat teridentifikasi,” jelasnya.

Kondisi tersebut membuat PDAM Surya Sembada harus lebih teliti dalam pemilihan penutupan katup air. Jangan sampai air masih mengalir saat pemindahan pipa berlangsung.

Hal tersebut masih merupakan pekerjaan rumah yang diselesaikan PDAM. Berapa jumlah katup air yang perlu dimatikan. Dia berharap katup air yang ditutup tidak lebih dari tiga. Sebab, semakin banyak katup air yang ditutup, tidak berarti pengerjaan akan lebih baik. Justru bisa sebaliknya.

Semakin banyak katup air yang ditutup, secara otomatis makin banyak pula wilayah yang terdampak dalam pengerjaan tersebut. ”Kalau bisa, hanya tiga valve yang ditutup. Sebab, kalau makin banyak yang terdampak, pastinya akan mengganggu pengerjaan,” ujarnya.

Terlebih setelah pengerjaan pemindahan tersebut selesai. Dia mengkhawatirkan distribusi air ke permukiman penduduk tidak berjalan cepat. Kemudian, karena banyaknya wilayah yang terdampak, semakin banyak pula bantuan air yang disiapkan. ”Seperti yang terjadi pada pengerjaan perpindahan pipa di Jalan Yos Sudarso,” ucapnya.

Pemeriksaan ulang diprediksi selesai pada Rabu (2/10). Hasil evaluasi tersebut kembali dirundingkan tim direksi. Jika tim direksi sudah memberikan lampu hijau, pengerjaan pun langsung dilakukan. ”Pelaksanaan sangat mungkin tetap berlangsung pada Sabtu dan Minggu. Bukan pada hari kerja. Karena pada weekend, pasti air yang digunakan tidak sebanyak pada hari biasa,” paparnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Internet Jangkau Seluruh Indonesia di Akhir 2020 - Gudang Berita Viral Internet Jangkau Seluruh Indonesia di Akhir 2020
Selasa, 15 Okt 2019, 10:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali
Tertutup, Berprofesi Sebagai Tukang Las dan Sering Terbangkan Drone - Gudang Berita Viral Tertutup, Berprofesi Sebagai Tukang Las dan Sering Terbangkan Drone
Selasa, 15 Okt 2019, 10:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali
SM Entertainment Ungkap Kesedihan Atas Kepergian Sulli - Gudang Berita Viral SM Entertainment Ungkap Kesedihan Atas Kepergian Sulli
Selasa, 15 Okt 2019, 10:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print