Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 06 Agu 2019, 20:00:11 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News

gudangberitaviral.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) menyambut baik gugurnya pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan dari proses seleksi Capim KPK periode 2019-2023. Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menilai, hal tersebut berkaca dari banyaknya catatan kritis ICW terhadap masa kepemimpinan Basaria Panjaitan cs.
“Sebenarnya, banyak catatan kritis yang banyak diberitakan kepada lima komisioner KPK saat ini, dan kita pandang lebih baik figur-figur baru yang menempati pimpinan KPK 2019-2023,” kata Kurnia di Kantornya, Jalan Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Selasa (6/8).
Sorotan ICW terhadap pimpinan KPK saat ini, seperti rendahnya tuntutan pidana hingga gejolak internal yang terjadi di tubuh KPK. Selain itu, belum diterapkannya asset recovery secara maksimal.
Kurnia menambahkan, pihaknya tengah melakukan penelusuran rekam jejak dari 40 peserta capim tersisa. Atas dasar itu, kata dia, pihaknya belum bisa memastikan kandidat mana yang memiliki potensi untuk menjadi pimpinan lembaga antirasuah tersebut.
“Kita belum selesai tracking tentang siapa saja calon-calon potensial. Dan kalau dibilang ada, pasti ada ya dari 40 ini orang-orang baik begitu. Tapi, memang kita belum memublikasikan itu,” jelas Kurnia.
Sementara itu, Basaria tidak merasa heran tidak lolos pada seleksi tes psikologi. Menurutnya, proses yang dilakukan Pansel telah dilakukan dengan baik.
“Itu sudah hasil terbaik,” singkat Basaria.
Untuk diketahui, Basaria merupakan satu dari enam orang dari internal KPK yang tumbang dalam tes psikologi. Lima anggota lainnya yang juga gagal lolos antara lain Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, Direktur Gratifikasi KPK Syarif Hidayat, dan Wakil Ketua 2 WP KPK Harun Al Rasyid.
Kemudian Koordinator Wilayah VI Koordinasi Supervisi dan Pencegahan KPK Asep Rahmat Suwandha, serta Ketua Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan KPK wilayah Jawa Tengah, Muhammad Najib Wahito.
Sedangkan yang berhasil lolos tes tahap tiga dari internal KPK dua diantaranya merupakan pimpina KPK yakni, Laode M Syarief dan Alexander Marwata. Sedangkan dari unsur pegawai KPK adalah Direktur Pembinaan Jaringan Kerja dan Antar Komisi dan Instansi KPK Sujanarko serta Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono.



Sumber: jawapos.com

Tag: News



Lewat Petisi, Beberapa Nama Capim KPK Diminta untuk Dicoret - Gudang Berita Viral Lewat Petisi, Beberapa Nama Capim KPK Diminta untuk Dicoret
Minggu, 25 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Penyair, Pensyair, dan Lapis Wacana dalam Kata - Gudang Berita Viral Penyair, Pensyair, dan Lapis Wacana dalam Kata
Minggu, 25 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Persela vs Tira Persikabo: Tuan Rumah Ambisi Putus Tren Negatif - Gudang Berita Viral Persela vs Tira Persikabo: Tuan Rumah Ambisi Putus Tren Negatif
Minggu, 25 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print