Rabu, 20 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 03 Nov 2019, 15:00:10 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
ICW: Istana Gagal Paham Konsep Lembaga Antikorupsi yang Baik - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) menyesalkan sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang enggan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang KPK. Meski kecewa, ICW sebenarnya telah memprediksi bahwa Presiden Jokowi memang enggan menerbitkan Perppu KPK.

“Kami kecewa dengan keputusan tidak mengeluarkan Perppu. Sikap Pak Jokowi sudah diprediksi jauh-jauh hari,” kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana di kantornya, Jalan Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Minggu (3/10).



Kurnia memandang, pelemahan terhadap kinerja pemberantasan korupsi memang sudah didesain oleh pemerintah dan DPR melalui revisi UU KPK. Ia pun menilai, narasi penguatan pemberantasan korupsi yang dilontarkan Jokowi merupakan sebuah kebohongan.

“Beberapa indikator narasi penguatan, Presiden memberi harapan palsu pada masyarakat” terang Kurnia.

Terlebih Jokowi menyebut telah mengantongi nama-nama calon Dewan Pengawas KPK. Sebab, Pasal 69A UU 19/2019 menyebutkan bahwa ketua dan anggota Dewan Pengawas KPK untuk pertama kalinya ditunjuk dan diangkat oleh Presiden Republik Indonesia.

ICW menilai, Presiden tidak memahami kinerja pemberantasan korupsi seutuhnya. Kurnia melihat hal tersebut dari terburu-burunya penunjukan Dewan Pengawas KPK oleh Presiden.

“Istana tidak paham bagaimana konsep lembaga anti korupsi yang baik. Internalnya sudah ada deputi pencegahan. Ada Ombudsman sebagai lembaga (pengawas) maladministrasi. Istana gagal paham bagaimna konsep lembaga antikorupsi yang baik, siapapun yang dipilih (sebagai Denwas), itu membuat kekeliruan,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan akan segera memilih Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk pertama kalinya tanpa pembentukan panitia seleksi. Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden dalam pertemuan dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11).

Presiden Jokowi menyatakan pemilihan Dewan Pengawas KPK tanpa panitia seleksi telah diatur dalam UU KPK yang telah direvisi. Seperti diketahui, berdasarkan Pasal 69A, ketua dan anggota Dewan Pengawas KPK untuk pertama kalinya ditunjuk dan diangkat oleh Presiden.

“Untuk pertama kalinya tidak lewat pansel. Tapi percayalah yang terpilih nanti adalah beliau-beliau yang memiliki kredibilitas yang baik,” tukas Jokowi.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, ICW: Istana Gagal Paham Konsep Lembaga Antikorupsi yang Baik

Tag: News



Doa Titiek Soeharto untuk Prabowo: Yang Penting Badannya Merah Putih - Gudang Berita Viral Doa Titiek Soeharto untuk Prabowo: Yang Penting Badannya Merah Putih
Rabu, 20 Nov 2019, 11:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pendengar yang Buruk, 5 Zodiak Ini Sulit Diajak Curhat - Gudang Berita Viral Pendengar yang Buruk, 5 Zodiak Ini Sulit Diajak Curhat
Rabu, 20 Nov 2019, 11:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Korban First Travel Kini Berharap pada Putusan Perdata - Gudang Berita Viral Korban First Travel Kini Berharap pada Putusan Perdata
Rabu, 20 Nov 2019, 11:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print