Senin, 23 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 16:00:06 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Hasil Berkantor Kapolri dan Panglima TNI, Wiranto Update Kondisi Papua - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam), Wiranto telah menerima laporan terkait kunjungan kerja yang dilakukan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian ke Papua dan Papua Barat. Sejauh ini kondisi di wilayah timur Indonesia itu dipastikan telah kondusif.

“Perkembangan di Papua dan Papua Barat sudah kondusif. Kemarin kondusif, sekarang tetap kondusif. Aktivitas sudah normal,” ujar Wiranto dalam konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (4/9).



Wiranto menuturkan, pelayanan publik khususnya di wilayah perkotaan sudah kembali berjalan. Transportasi umum, pelabuhan, bandara dan terminal juga telah beroperasi kembali. Perbankan mulai bisa melayani nasabah. Sekolah dijadwalkan besok sudah memulai aktivitasnya. “Hanya PDAM yang perlu perbaikan di benerapa lokasi lagi akibat kerusuhan kemarin,” imbuhnya.

Selain itu, pasar tradisional juga mulai terjadi aktivitas jual beli. Sehingga roda ekonomi masyarakat setempat sudah berputar kembali. Pengiriman peti kemas sudah mulai nampak di pelabuhan. Suplai BBM juga sudah normal. Hanya saja antrian di SPBU masih terpantau cukup panjang. Kendala hanya masih terjadi di listrik. Karena PLN masih melakukan perbaikan fasilitas yang rusak.

Pasca kerusuhan, pemerintah setempat bersama aparat sudah mulai membersihkan puing-puing bekas. Dana revitaliasi sudah disiapkan oleh pemerintah untuk memperbaiki fasilitas publik yang rusak. “Saat ini tokoh-tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, terus melakukan kordinasi upaya-upaya pertemuan untuk terus memelihara keadaan damai ini,” sambung Wiranto.

Wiranto Menkopolhukan. (Muhammad Ridwan/ gudangberitaviral.com)

Lebih lanjut, Wiranto menjelaskan, di Papua sudah digelar forum kepala daerah setanah adat Tabi. Yang terdiri dari beberapa kabupaten seperti Membramo, Sarmi, Jayapura. Acara ini digelar di Sentani, pada Selasa (3/9). Adapula pertemuan umat beragama yang dipimpin langsung oleh bupati Jayapura. Tujuannya untuk menjaga situasi kondusif tersebut.

Di sisi lain, ancaman kerusuhan masih terlihat di Manokwari, Papua Barat. Aparat masih menemukan isu ajakan demo susulan, maupun yang bernada provokasi lainnya. Oleh karena itu, petugas melakukan pendekatan persuasif guna mencegah kerusuhan kembali terjadi.

“Masih ada yang ingin keadaan kacau, aparat keamanan harus hati-hati, itu kenapa sampai sekarang kita masih membatasi kegiatan internet,” tegas Wiranto.

Mantan Panglima TNI itu berharap situasi di Papua dan Papua Barat bisa segera kondusif seutuhnya. Dengan demikian, pasukan keamanan bisa segera ditarik. “Pasukan kita juga nggak mau lama-lama di Papua, kangen anak istri, biayanya juga nggak murah,” pungkas Wiranto.

Sebelumnya, intimidasi yang dialami mahasiswa Papua di Malang, dan Surabaya, Jawa Timur berbuntut panjang. Senin (19/8) pagi kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Barat dan beberapa titik lain. Sejumlah elemen masyarakat menggelar demontrasi di sejumlah titik. Kontak senjata pun terjadi antara petugas keamanan dengan kelompok perusuh dari Paniai di depan kantor Bupati Deiyai, Rabu (28/8). Akibatnya 1 orang anggota TNI tewas dan 5 aparat lainnya terkena panah.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Polisi Amankan Mahasiswa Eksodus, Kapolda: Itu Mahasiswa Luar Papua - Gudang Berita Viral Polisi Amankan Mahasiswa Eksodus, Kapolda: Itu Mahasiswa Luar Papua
Senin, 23 Sep 2019, 18:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Cagar Alam Kersik Luway Terbakar, Petugas Minta Water Booming - Gudang Berita Viral Cagar Alam Kersik Luway Terbakar, Petugas Minta Water Booming
Senin, 23 Sep 2019, 18:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Disetujui Banggar, RUU APBN 2020 Siap Disahkan dalam Sidang Paripurna - Gudang Berita Viral Disetujui Banggar, RUU APBN 2020 Siap Disahkan dalam Sidang Paripurna
Senin, 23 Sep 2019, 18:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print