Kamis, 17 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 01 Okt 2019, 21:00:07 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Harga Sembako di Jatim Stabil, Bawang Merah Cenderung Turun - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Harga bahan pangan di pasar-pasar Jawa Timur (Jatim) relatif stabil. Terutama sembilan bahan pokok alias sembako. Sementara itu, harga bawang merah cenderung turun karena sudah masuk masa panen.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Bagus Sasmita menyatakan bahwa harga sembako terjaga. Dari pantauan di 119 pasar di 38 kota/kabupaten, ada beberapa komoditas yang harganya fluktuatif. “Kelompok beras, gula, minyak goreng, dan tepung stabil,” ujarnya Senin (30/9).



Bagus menuturkan bahwa harga bawang merah, baik di pasar maupun tingkat petani, turun. Sampai akhir Agustus lalu, harga bawang merah di sentra Probolinggo dan Nganjuk berkisar Rp 5.000 per kilogram. Selanjutnya, harga bawang merah di pasar mencapai Rp 14 ribu–15 ribu per kilogram. Kini harganya menjadi lebih murah.

Komoditas lain yang harganya sempat naik tinggi adalah cabai rawit dan cabai merah besar. Kini harga dua komoditas itu sudah turun. Saat ini harga cabai di pasar rata-rata Rp 40 ribu per kilogram.

Mengenai turunnya harga bawang merah di tingkat petani, Bagus mengaku sudah berkoordinasi dengan para pelaku industri berbahan baku komoditas tersebut. Dia mengimbau mereka agar menyerap produksi petani.

“Mereka menyatakan siap. Tapi, kami masih wait and see karena jangan sampai serapan industri membuat stok di pasar berkurang,” tegasnya.

Sementara itu, bulan ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim bakal menggelar pasar murah keliling. Ada sepuluh sampai sebelas komoditas yang akan ditawarkan kepada publik.

“Ini dalam rangka hari jadi Provinsi Jatim,” tuturnya.

Menurut Bagus, pasar murah keliling tersebut akan berlangsung pada 11 Oktober sampai 11 November. Dalam pelaksanaannya nanti, dinas bekerja sama dengan Bulog dan distributor.

“Kami akan ambil harga dari yang paling ujung. Seperti bawang putih akan ambil dari importir dan bawang merah langsung dari petani,” urainya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Pertumbuhan Ekonomi, Lapangan Banteng Optimis 5,1%  - Gudang Berita Viral Pertumbuhan Ekonomi, Lapangan Banteng Optimis 5,1%
Kamis, 17 Okt 2019, 04:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kekalahan yang Menyakitkan untuk Persija  - Gudang Berita Viral Kekalahan yang Menyakitkan untuk Persija
Kamis, 17 Okt 2019, 04:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Alasan Man United Urungkan Niat Rekrut Neymar  - Gudang Berita Viral Alasan Man United Urungkan Niat Rekrut Neymar
Kamis, 17 Okt 2019, 04:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print