Senin, 19 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 01 Agu 2019, 16:00:08 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Harga Cabai Tembus Rp 80 Ribu per Kg: Ingin Pedas, Harus Bayar Lebih - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Tingginya harga cabai mulai berpengaruh pada usaha kuliner. Misalnya, yang dirasakan Yayuk. Penjual rujak di Jalan Mulyorejo itu menerapkan ”tarif khusus” bagi pelanggannya yang meminta rujak pedas dengan cabai lebih dari 10 biji.

”Kalau minta cabai lebih dari 10, saya suruh tambah Rp 2 ribu. Kalau tidak mau, ya bawa cabai sendiri,” ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (31/7). Yayuk bukan satu-satunya penjual makanan yang terimbas meroketnya harga cabai.



Harga cabai yang melambung juga dirasakan Dina. Pemilik warung makan di Jalan Taman Sikatan itu memilih mengurangi porsi sambal yang menjadi andalan di warung makan miliknya.

Menurut Dina, ada beberapa pelanggannya yang sambat karena sambal yang disajikan tidak seperti biasa. Biasanya pembeli mendapatkan satu cobek sambal setiap pesan menu lalapan. ”Tak kurangi sithik cak, lek gak ngunu rugi,” ucapnya.

Hingga kemarin, harga cabai di sejumlah pasar masih mahal. Misalnya, yang terlihat di Pasar Pabean. Harga cabai yang semula Rp 75 ribu turun menjadi Rp 65 ribu per kilogram. ”Tapi, harga itu masih tinggi,” kata Fatmawati, pedagang cabai Fatma mengatakan, biasanya dirinya kulakan cabai sampai satu pikap penuh. Namun, sejak harganya melonjak, barang yang diambil tidak sebanyak itu lagi. ”Biasanya 8 kuintal, sekarang cuma bisa ambil 2 kuintal. Harganya sudah mahal dari petaninya,” ungkapnya.

Ilustrasi: Penjual cabai di pasar. (Salman Toyibi/Jawa Pos)

Di Pasar Pucang Anom, harga cabai rawit masih bertahan di angka Rp 80 ribu per kilogram. Itu pun bukan murni cabai merah. Sebagian sudah dicampur dengan cabai hijau. ”Pembeli di sini dari kalangan biasa. Paling belinya cuma Rp 5 ribu. Kadang ada yang beli Rp 2 ribu, tidak saya layani,” terangnya.

Di sisi lain, Kepala Bidang Distribusi Dinas Perdagangan Kota Surabaya Trio Wahyu Bowo menyatakan, pemerintah sudah mengadakan operasi pasar di seluruh kecamatan. Hanya, jadwalnya bergantian. ”Besok (hari ini, Red) kami adakan operasi pasar di 10 kecamatan,” ujarnya.

Operasi pasar dilaksanakan di tingkat RT. Tidak digelar di pasar atau tingkat kelurahan. Tujuannya, operasi tersebut bisa dirasakan seluruh masyarakat. Trio menyatakan, dalam operasi tersebut, harga cabai memang dibanderol lebih murah daripada harga pasaran. Yakni, Rp 5 ribu per ons atau Rp 50 ribu per kilogram. ”Itu langkah jangka pendek yang sementara ini bisa dilakukan,” jelasnya.

Ada beberapa langkah intervensi harga yang sudah direncanakan. Salah satunya, mendata lagi komoditas cabai dari beberapa kelompok tani. ”Pemkot akan membuat MoU (memorandum of understanding) dengan kelompok tani,” tuturnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Harry Maguire Diperebutkan Adidas, Puma, dan Under Armour - Gudang Berita Viral Harry Maguire Diperebutkan Adidas, Puma, dan Under Armour
Senin, 19 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Intip Penginapan Mewah Meghan Markle dan Suami yang Mencapai Rp 2 M - Gudang Berita Viral Intip Penginapan Mewah Meghan Markle dan Suami yang Mencapai Rp 2 M
Senin, 19 Agu 2019, 16:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tekan Biaya Perkara dan Efisiensi Peradilan, MA Luncurkan e-Litigasi - Gudang Berita Viral Tekan Biaya Perkara dan Efisiensi Peradilan, MA Luncurkan e-Litigasi
Senin, 19 Agu 2019, 16:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print