Rabu, 21 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 01 Agu 2019, 08:00:08 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Hanya Dalam Kondisi Seperti Ini Koopssus TNI Diturunkan Hadapi Teroris - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI telah diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Pasukan ini nantinya akan diturunkan untuk operasi terorisme seperti tertuang dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang pelibatan TNI dalam penanggulangan terorisme.

Meski begitu, Koopssus tidak bisa bergerak begitu saja sekalipun ada aksi terorisme. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Koopssus hanya dilibatkan pada aksi terorisme dengan tingkat ancaman tinggi.



“Kemudian juga penyanderaan di tempat publik, yang sanderanya cukup banyak, penyanderaan di pesawat, di kapal, di daerah perbatasan negara sahabat. Itu dari mereka memiliki kemampuan itu,” ujar Dedi di kantor Divisi Humas Mabes Polri Jakarta Selatan, Rabu (31/7).

Dalam upaya penindakan terorisme, Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri tetap menjadi komando utama. Meskipun saat di lapangan Koopssus bisa bergerak atas perintah komandannya. “Kan ada komunikasi dulu sebelum ngambil tindakan, ada perencanaan. Setelah matang perlu tindakan di lapangan langsung beraksi. Tiga matra (TNI) itu punya kemampuan mengcounter terorisme,” tegasnya.

Koopssus TNI. (Dok gudangberitaviral.com)

Operasi TNI-Polri dalam penanggulangan terorisme sebetulnya sudah pernah dilakukan juga di Poso, Sulawesi Tengah atau yang dikenal dengan operasi Tinombala. Hasilnya pun efektif menindak kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI. Upacara peresmian digelar di lapangan Satpamwal Denma Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (30/7). Pembentukan Koopssus TNI berdasarkan Peraturan Panglima (Perpang) TNI  Nomor 19 Tahun 2019 yang ditandatangani pada 19 Juli 2019 tentang Organisasi dan Tugas Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia.  Komandan Koopssus TNI dijabat oleh Brigjen TNI Rochadi yang sebelumnya menjabat Dir A Bais TNI.

Pembentukan Koopssus TNI tak lepas dari adanya Undang-undangNomor 5 Tahun 2018 tentang pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme. Di situ sudah diamantkan TNI memiliki andil dalam pemberantasan terorisme. Mengingat kelompok radikal ini bisa menjadi ancaman kepada kedaulatan negara.

Koopssus sendiri disiagakan setiap saat. Pasukan ini siap diturunkan kapanpun atas izin Panglima TNI sesuai instruksi Presiden RI. Pasukan ini terdiri dari 400 prajurit pendukung, dan 1 kompi prajurit penindakan. 80 persen dari pasukan ini bertugas mencegah terorisme, hanya 20 persen yang terlibat penindakan. Koopssus juga mengambil tugas dalam pemulihan pasca aksi terorisme.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Neville Senang Sanchez Segera Angkat Kaki dari MU  - Gudang Berita Viral Neville Senang Sanchez Segera Angkat Kaki dari MU
Rabu, 21 Agu 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Wasit Salah Beri Kartu ke Patrich Wanggai  - Gudang Berita Viral Wasit Salah Beri Kartu ke Patrich Wanggai
Rabu, 21 Agu 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Skuter Listrik Ini Bisa Diisi Daya dari Laptop  - Gudang Berita Viral Skuter Listrik Ini Bisa Diisi Daya dari Laptop
Rabu, 21 Agu 2019, 02:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print